7 Tips Memilih Motherboard Sesuai Kebutuhan yang Harus Kalian Ketahui

Tips Memilih Motherboard Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Motherboard – Mencari sebuah motheboard atau mobo yang tepat untuk komputer yang akan kita rakit adalah sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan komponen ini memiliki peranan penting untuk memfasilitasi bermacam kebutuhan para user umumnya seputar hal teknis.

Bermacam merk, warna, fitur, dan faktor lainnya biasanya akan menentukan seberapa besar potensi kita atau gamer sebelum membelinya. Ada yang membutuhkan fitur ARGB, ada yang membutuhkan minimal dua slot M.2, dan ada yang menyukai mobo kecil nan ringkas layaknya penulis.

Jadi, pada kesempatan kali ini, kami akan hadirkanmu bagaimana caranya memilih motherboard yang sesuai dengan kebutuhanmu, karena kami yakin kebutuhan komputasi tiap individu akan berbeda dan tidak dapat disamaratakan dalam kebanyakan kasus.

Disclaimer:

Semua tips ini kami hadirkan untuk memudahkanmu sesuaikannya dengan kebutuhan. Setidaknya, kalian bisa menambah satu dua referensi sebelum membeli mobo yang kamu inginkan.

Tips Memilih Motherboard Sesuai Kebutuhan yang Harus Kalian Ketahui

Perhatikan tips memilih sebuah motherboard

Inilah tips memilih motherboard versi Gamebrott yang harus kalian ketahui:

1. Sesuaikan Socket dengan Kebutuhan

Harus menyesuaikan prosesor dengan socket yang digunakan

Tips motherboard pertama yang wajib kalian ikuti adalah menyesuaikan socket dari komponen utama kalian, yaitu prosesor atau CPU dengan kebutuhan. Pastikan motherboard yang akan kalian beli sudah memiliki kecocokan dengan prosesor yang kalian beli, karena bila salah, kalian terpaksa harus membeli mobo yang sesuai.

Kami contohkan, kalau kalian ingin merakit komputer dengan prosesor AMD Ryzen 3 3200G misalkan, idealnya mobo yang harus kalian beli adalah B450, dan bukannya H610, karena beda prosesor, beda pula socket yang ditawarkannya. Jadi, jangan sampai kalian salah beli!

2. Pastikan Ukuran Motherboard Sesuai Kebutuhan

Ya kali mobo besar dipaksa masuk ke case kecil?

Hal kedua yang harus kalian pastikan saat membeli komponen ini adalah menyesuaikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Ada yang menyukai mobo ukuran M-ATX karena universal, ada yang lebih menyukai mobo ATX karena kaya koneksi, dan ada juga yang suka mobo ITX karena ukurannya mungil.

Ukuran mobo juga harus disesuaikan dengan case yang kamu gunakan. Umumnya sih, mayoritas lebih menyukai M-ATX dikarenakan tidak membutuhkan case tower yang selain berat, akan membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih pula ketimbang mobo yang lebih kecil.

3. Tentukan Chipset yang akan Kamu Gunakan

Bakal memudahkan kita untuk lakukan overclock dan semacamnya

Saat kita akan membeli motherboard, hal yang sering diabaikan adalah menentukan chipset yang akan kamu gunakan. Umumnya, hal ini tidak berpengaruh banyak untuk komponen keluaran tahun 2020, namun berkat perkembangan zaman now, chipset memiliki peranan penting dalam memfasilitasi fitur di dalam mobo.

Salah satunya adalah kemudahan untuk melakukan kustomisasi yang bersifat teknis, misalkan untuk memudahkan kita untuk overclock, atau mengatur kecepatan memori yang kita gunakan. Namun, dalam kebanyakan kasus, chipset hanya bersifat umum seperti menawarkan jumlah koneksi pada backpanel.

4. Perhatikan Fitur yang Ditawarkan

Harus memiliki konektivitas yang menjanjikan tahan lama

Melanjutkan poin sebelumnya, fitur-fitur di sini adalah PCIe 4.0 atau PCIe 5.0, jumlah slot M.2, jumlah slot RAM yang ditawarkan, apakah sudah mendukung ARGB, atau mungkin fitur overclock yang tentunya mampu memberikan sejumlah peningkatan pada komponen yang mereka gunakan, terutama Intel.

Walau mungkin sebagian user merasa fitur tersebut hanya niche belaka, namun tidak ada salahnya untuk memfasilitasi komputer yang akan kalian rakit dengan fitur yang sekiranya kalian butuhkan, salah satunya yang menurut penulis penting adalah kehadiran dua slot M.2 NVMe untuk memudahkan penyimpanan tanpa kabel.

5. Pastikan Merknya Jelas dan Bisa Dipercaya

Pastikan merknya jelas dan bisa dipercaya

Tips selanjutnya dalam memilih mobo yang tepat adalah memastikan merknya jelas dan bisa dipercaya. Maksudnya, sebisa mungkin kalian memilih motherboard yang benar-benar memiliki nama baik dan tentunya bukan barang yang berpotensi hasil dari refurbish.

Walau sebenarnya tidak ada masalah bila kalian memiliki budget terbatas dan hanya bisa membeli merk random, namun alangkah baiknya untuk membeli mobo dengan reputasi yang bisa diandalkan untuk memberikan kalian peace of mind saat gunakannya.

6. Cek Garansinya, Harus Jelas!

Kemudahan untuk klaim garansi juga harus jelas

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah dengan memastikan garansinya jelas, dan mudah bila mana kita akan lakukan klaim garansi. Hal ini dibutuhkan supaya memudahkan kita saat dihadapkan masalah pada komponen yang kita gunakan, supaya tidak membuang waktu karena prosesnya yang ribet atau semacamnya.

Penulis contohkan, ada sebuah brand yang hanya akan memperbolehkan kita untuk melakukan klaim garansi di saat komponen tersebut mati total alias tidak bisa digunakan. Nah, kalau sudah begini, bukannya kita yang menjadi ribet sendiri saat gunakan komputer bukan?

7. Pastikan Harganya Sudah Sesuai Isi Dompetmu

Pastikan harganya sesuai

Hal terakhir yang harus kalian perhatikan saat memilih motherboard ialah memastikan harganya sudah sesuai isi dompetmu. Gak masalah kok memilih mobo yang lebih murah namun sudah menawarkan bermacam fitur yang kalian butuhkan, ketimbang memaksakan diri untuk membeli komponen yang lebih mahal.

Gak ada salahnya juga sih membeli mobo yang lebih mahal, namun rasanya akan sia-sia saja bila kebutuhan kita termasuk standar dan hanya sekadar gunakannya untuk mengerjakan tugas semata.

Nah, itulah dia tips memilih motherboard sesuai kebutuhan yang harus kalian ketahui. Jadi, apakah kalian sudah siap untuk merakit PC impian kalian? Yuk, share komentar kalian di bawah!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version