7 Wabah Virus Terseram yang Ada dalam Video Game

in , , , , ,

Menyebarnya virus Corona mungkin kini menjadi momok bagi semua warga di seluruh dunia. Apalagi virus-virus lain juga punya resiko ikut menyebar dengan cepat. Dunia, termasuk Indonesia tentunya telah melakukan langkah preventif untuk menghalau virus ini semakin menyebar luas sembari menunggu cara penyembuhan ataupun obat untuk menyembuhkan virus-virus ini dikembangkan.

Video game sendiri sudah sejak lama mengambil tema penyebaran virus ini di banyak game. Entah sebagai tema utama yang nantinya membuat kondisi latar belakang untuk gamemu nantinya, atau mungkin sekedar tema pendukung untuk membuat latar belakang game yang kamu mainkan semakin menarik. Beberapa skenario ini bahkan terasa sangat menyeramkan jika sampai terjadi di dunia nyata.

Dan inilah 7 wabah virus terseram yang ada dalam Video Game yang sudah Gamebrott rangkum untuk kalian semua:


1. T – Virus (Resident Evil Series)

Siapa yang tidak mengenal virus ini? Virus yang bernama lengkap Tyrant Virus ini muncul sebagai yang pertama menyebar di seri-seri awal Resident Evil. Virus ini sendiri awalnya berasal dari virus Progenitor yang dikembangkan oleh Perusahaan Umbrella untuk membuat serum untuk membuat manusia super. Namun karena pendanaan yang menurun akhirnya Umbrella mengganti pengembangan T-Virus ini sebagai senjata biologis yang mereka sebut Tyrant.

 

Namun proyek pengembangan Tyrant ini tidak berjalan mulus. Banyak masalah yang salah satunya mengakibatkan  kebocoran virus ini yang tentunya kita tahu terjadi di kota Raccoon yang mengkontaminasi saluran air kota yang menyebabkan virus tersebut menyebar ke seluruh kota dan menginfeksi banyak warga. Selain menjadi virus yang digunakan untuk mengembangkan Tyrant, T-Virus ini juga menjadi landasan dalam pengembangan virus-virus lainnya dalam Resident Evil.


2. Green Poison / The Dollar Flu (The Division Series)

Salah satu virus yang bukan menjadi tema utama dalam gamenya ada di The Division. Virus ini sendiri hanya muncul sebagai cerita prolog dari gamenya dan hampir tidak muncul sama sekali dalam gamenya kecuali dalam mayat-mayat yang sudah mati karena tertular serta keberadaannya sebagai Quarantine Zone dimana area tersebut masih tercemar oleh virus tersebut.

Penyebaran virus ini sendiri terjadi ketika event Black Friday di Amerika berlangsung. Virus ini sendiri ditanam di uang kertas sehingga mendapat nama Green Poison / The Dollar Flu. Karena banyaknya orang yang bertransaksi dengan uang kertas pada Black Friday tersebut virus menyebar dengan sangat cepat ke seluruh New York. Virus ini sendiri bersifat mematikan tanpa mengubah orang yang tertular. Sehingga yang tersisa adalah daerah-daerah yang masih terkontaminasi.


3. Chimeran Virus (The Resistance)

Dalam The Resistance, penyebaran virus yang terjadi berasal dari sumber yang tidak biasa – yaitu dari bangsa alien bernama Chimera. Mereka membawa virus tersebut, dan menyebarkannya kepada manusia untuk mengubah manusia yang ada menjadi prajurit hybrid yang nantinnya akan bertarung untuk melawan manusia. Tidak sampai sana, bangsa alien Chimera ini bahkan juga mengembangkan para manusia tersebut dan memodifikasi mereka ke bentuk yang lebih kuat dan berbahaya.

Penyebaran virus ini sendiri terjadi pada awalnya lewat Crawler, sejenis mahluk berbentuk kumbang dalam jumlah banyak yang didaratkan oleh bangsa Chimera ke kota-kota pada penduduk. Crawler ini nantinya disebar dan akan menyerang manusia dengan cara masuk ke dalam tubuh lewat mulut atau hidungnya. Nantinya manusia yang terkena Crawler akan menjadi koma, dan perlahan-lahan akan berubah menjadi pasukan Chimera.


4. Freaker Virus / Hooligan Virus (Days Gone)

Game eksklusif Playstation 4 lainnya Days Gone juga merupakan salah satu yang menggunakan penyebaran virus sebagai salah satu utamanya. Dalam game yang kini menjadikanmu seorang Biker sekaligus Bounty Hunter yang berkelana di dunia yang sudah hancur karena penyebaran virus misterius yang membuat orang-orang yang terinfeksi menjadi buas layaknya binatang.

Virus yang disebut Freaker atau Hooligan ini sendiri sebenarnya merupakan virus yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan Cloverdale , namun ditutupi dengan riset botani mereka. Hal ini menarik salah satu anak magang disana untuk menguak riset busuk yang dilakukan Cloverdale. Ia pun mencuri salah satu sampel virus untuk ditunjukkan di Konvensi Lingkungan di Portland, Amerika Serikat. Tanpa sadar virus tersebut menginfeksi dirinya, dan menyebar ke seluruh peserta konvensi yang menyebabkan efek berantai dan meluas.


5. Green Flu (Left 4 Dead Series)

Game zombie shooter klasik milik Valve – Left 4 Dead juga membuat virus yang jadi penyebab dari wabah zombie dalam gamenya. Meskipun game pertamanya sendiri baru dimulai 2 minggu setelah wabah pecah. Asal dari virus yang bernama Green Flu ini dipercaya merupakan mutasi dari wabah Sapi Gila yang tengah menyerang daerah peternakan di luar kota Philadelphia. Wabah ini sendiri menyebabkan pihak berwajib mengisolasi daerah tersebut dan menginspeksi banyak hewan ternak di sana terutama sapi untuk mencari penyebabnya.

Sayangnya, penyakit yang awalnya Sapi Gila ini ternyata bisa menular kepada manusia. Dan beberapa orang yang tertular tersebut juga menunjukkan tanda-tanda seperti terkena rabies. Mereka pun dilarikan ke Rumah Sakit Mercy yang menjadi setting dalam gamenya. Para orang yang tertular ini sendiri ternyata gagal dan dirawat dan malah menjadi liar dan menyerang orang-orang di Rumah Sakit tersebut. Dari situlah virus Green Flu tersebut akhirnya menyebar dan terus menyebar lewat gigitan dari satu orang ke orang lainnya.


6. Blacklight Virus/Mercer Virus (Prototype Series)

Virus yang dikembangkan dari virus lain guna melakukan seleksi alam bagi manusia. Hal inilah yang dilakukan oleh Blackwatch dan Gentek terhadap virus Redlight yang awalnya digunakan untuk senjata biologis pemusnah masal namun ternyata satu orang mampu bertahan dari virus ini. Dari situ Blackwatch mencoba mengubah target riset mereka untuk menemukan orang lain yang juga mampu bertahan atau bahkan mampu memanfaatkan virus ini untuk menjadi lebih kuat.

Virus inipun disebar kedua kalinya di New York lewat gigitan, cakaran, paparan air yang tercemar, pertukaran cairan tubuh, serta injeksi. Virus ini sendiri mengubah DNA dari orang yang terinfeksi yang mampu menyebabkan orang-orang yang “tidak kuat” akan langsung mati, beberapa akan menjadi kuat namun kehilangan sifat manusianya alias menjadi layaknya zombie, dan sebagian kecil orang mampu mendapatkan keuntungan dari virus ini dan berubah menjadi manusia super.


7. Cordyceps Brain Infection “CBI” (The Last of Us)

Bila beberapa virus yang muncul biasanya berasal dari percobaan, senjata biologis, dan bahkan asal-usul yang misterius. Maka dalam The Last of Us penyebaran zombie ini mengambil jalan yang lebih alami yaitu lewat penyebaran jamur Cordyceps yang menginfeksi lahan pertanian di Amerika Selatan. Dari tanaman, jamur ini mencari jembatan dengan menginfeksi kera terlebih dahulu, hingga akhirnya Cordyceps mulai menginfeksi manusia.

Dan akhirnya penyebaran besar-besaran menyerang Amerika yang hingga menyebabkan 60% populasinya mati atau terinfeksi, dimana orang-orang yang terinfeksi lewat gigitan atau menghirup spora yang ada di udara berubah menjadi makhluk primitif yang menyerang orang-orang lainnya. FYI, jamur Cordyceps ini merupakan jamur asli namun hanya mampu menyerang serangga.


Bonus: A Plague Inc

 Bagaimana mungkin membicarakan virus dalam video game tanpa menyebutkan game yang satu ini. Game yang awalnya ada di mobile ini bahkan mengalami kenaikan dalam penjualannya ketika virus Corona Wuhan pecah beberapa waktu lalu. Bila dalam daftar di atas mayoritas kamu berperan sebagai manusia yang harus bertahan atau bahkan memerangi wabah virus yang ada, maka dalam game ini kamu berkesempatan untuk merasakan bagaimana menjadi virus dan mencari jalanmu untuk menulari seluruh dunia.

Dalam game ini sendiri kamu punya berbagai pilihan untuk menjadi wabah jenis apa, dan dari situ nanti kamu akan menginfeksi salah satu daerah dan nantinya harus menyebarkannya ke berbagai belahan dunia. Seiring semakin luasnya daerah yang kamu infeksi manusia juga akan mencari cara untuk menghentikanmu sama seperti di dunia nyata. Disinilah kamu punya beberapa pilihan untuk mengembangkan dirimu untuk menjadi virus yang lebih berbahaya lagi.


Dan itulah tadi 7 wabah virus yang paling seram dalam video game. Tentunya virus-virus di atas ini atau setidaknya skenario yang terjadi merupakaan rekaan fiktif dan (semoga) tidak akan terjadi di dunia nyata. Karena tentunya akan menjadi bencana yang menghancurkan bila saja wabah-wabah di atas menjadi kenyataan.

Btw, virus mana yang menurutmu paling menyeramkan bila terjadi? Atau kamu punya virus lain dalam video game yang menurutmu harus masuk ke daftar ini?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Virus atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected][/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.