Bangkrutnya Telltale Hampir Buat Dev. Indie Ini Bernasib Sama ketika Game Stranger Things Dibatalkan


bukan 1, ada 2 game Stranger Things yang dibatalkan
Follow Us
Merupakan proyek kolaborasi bersama Telltale ?

Runtuhnya perusahaan Telltale jelas adalah sebuah kehilangan. Developer ini dikenal telah berjasa besar dalam membuka pikiran beserta empati kita semua tentang pentingnya aspek naratif di dalam video game. Detik-detik menjelang bangkrutnya perusahaan yang banyak mengadopsi franchise-franchise komik ataupun serial TV ke dalam gaya mereka, Telltale diketahui sempat berencana untuk membuat versi video game dari salah satu drama serial milik Netflix yang berjudul Stranger Things.

Nulis artikel dibayar

Namun, nampak hal itu hanya akan menjadi sebuah wacana saja ketika mereka sudah tidak mampu lagi melanjutkan kiprahnya untuk industri game. Dilansir dari pemberitaan The Verge, telah dilaporkan bahwa ada satu pihak developer lain yang hampir ikut terperosok bersama Telltale hanya gara-gara franchise Stranger Things. Developer yang namanya sempat melambung kencang berkat game Oxenfree, yakni Night School Studio rupanya juga sempat kebagian jatah proyek untuk mengolah serial Strangers Things sebagai sebuah game.

BACA JUGA  Ubisoft Umumkan Film Adaptasi dari Tom Clancy's The Division untuk Netflix

Bahkan, proses pengerjaan game Stranger Things versi Night School itu pun kabarnya telah mulai dilaksanakan sejak awal tahun 2018 kemarin. Dengan judul “Kids Next Door“, game ini kabarnya ingin menjadi suatu proyek kolaborasi pelengkap dari game utama Stranger Things yang digarap Telltale. Karena Telltale akan bertanggung jawab untuk mendanai sekaligus mempublisheri proyek game yang dikabarkan memiliki gameplay dengan fokus first-person.

Namun, bangkrutnya Telltale di bulan September kemarin justru malah telah membuat semuanya menjadi kacau, termasuk untuk studio Night School itu sendiri. Dilaporkan ada sekitar 3 kali dana yang seharusnya dibayarkan Telltale ke Night School belum cair akibat kejadian gulung tikar. Sebagai studio yang hanya beranggotakan 13 orang saja, keberlangsungan finansial dari developer game Oxenfree tersebut jelas jadi ikut terancam dan proyek pengembangan “Dua” game Stranger Things batal seketika.

BACA JUGA  Duo Pentolan "MCU" Garap Adaptasi Permainan Kartu Magic: The Gathering untuk Serial Animasi Netflix

Jika bukan karena adanya proyek game cadangan lain yang bisa mereka kelola, The Verge mengabarkan bahwa Night School bisa saja akan mengambil suatu langkah berat untuk memPHK sebagian para pegawai-pegawainya. Game yang rupanya berhasil menyelamatkan nyawa studio Night School sekaligus karir dari sebagian kru mereka tersebut ternyata adalah Afterparty. Game dengan konsep cerita tentang kehidupan para remaja di alam neraka itu kabarnya siap dikomitmenkan untuk segera rilis pada sekitaran tahun 2019 ini.

 

Sementara untuk nasib dari versi game Stranger Things, nampaknya kita masih perlu menunggu inisiatif dari pihak Netflix dalam mempercayakan IP tersebut kepada para developer-developer lain yang mereka anggap siap. Sehingga dapat disimpulkan jika keberadaan Afterparty masih lebih memiliki suatu kejelasan ketimbang game Stranger Things.

Sumber: The Verge


Baca pula informasi menarik lain seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item