Daftar Aplikasi Wajib Selesai Install Ulang PC

in ,
Cover Aplikasi

Menemukan error di PC yang tak bisa diperbaiki selain lakukan install ulang tentu merupakan hal yang sangat merepotkan. Di samping kamu harus menunggu proses instalasi operating system yang sangat lama, kamu juga perlu menginstall aplikasi PC yang kamu butuhkan. Jika kamu miliki banyak uang untuk membayar orang lain melakukannya, tentu kamu akan bisa menghindari semua hal merepotkan tersebut.

Namun saya pribadi tidak menyarankanmu untuk melakukan hal tersebut meskipun menjadi sebuah opsi. Hal ini karena dari pengalaman pribadi saya sendiri, teknisi yang menginstall aplikasi setelah install ulang terlalu banyak memberikan aplikasi tidak penting yang tidak saya butuhkan sama sekali.

Ya, saya lebih suka merepotkan diri saya sendiri untuk memasang aplikasi tambahan tersebut. Namun karena saya tahu apa saja yang saya butuhkan, maka saya tak perlu membayar teknisi untuk melakukannya.

Melalui daftar berikut, saya sudah merancang aplikasi mana saja yang wajib kamu install setelah rampung melakukan install ulang PCmu. Apa saja aplikasinya?

Browser

Browser menjadi salah satu aplikasi wajib yang perlu dipasang di PCmu. Terlebih di zaman yang sangat mementingkan internet saat ini.

Jika kamu menggunakan Windows sebagai operating system/OS-mu, maka kamu tentu sudah familiar dengan bagaimana kiprah Internet Explorer yang kini bernama Microsoft Edge sebagai browser yang tak miliki fitur menarik sama sekali sejak perilisannya. Meskipun Microsoft telah mengubah Edge menjadi lebih menarik dan bisa dikatakan bersaing dengan browser pihak ketiga lain, namun imagenya yang kadung buruk membuat kebanyakan dari penggunanya tidak memilihnya sebagai browser utama.

Terdapat banyak sekali browser internet pihak ketiga yang bisa kamu download secara gratis. Mulai dari Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, Brave, hingga Tor untuk mengakses Deep Web.

Download Manager

Idm

Download Manager merupakan aplikasi selanjutnya bagi kamu yang ingin mendownload file berukuran besar dengan cepat. Hal ini karena aplikasi download manager akan gunakan seluruh koneksi internetmu untuk mempercepatnya. Jadi, tak heran apabila koneksimu akan terbatas jika download manager bekerja.

Banyak sekali aplikasi download manager dari yang terkenal seperti Internet Download Manager atau IDM yang berbayar hingga aplikasi download manager yang bukan IDM yang gratis tanpa trial alias permanen yang bisa bersaing dengan IDM.

Antivirus

Antivirus menjadi aplikasi wajib selanjutnya setelah download manager. Ya, saya tau Windows Defender bawaan Windows memang terbukti sangat kuat, namun belum tentu semua databasenya bisa mengatasi semua virus maupun website berpotensi kirimkan virus secara anonim. Mencegahnya menggunakan antivirus tambahan tentu akan menjadi tindakan preventif yang jauh lebih baik dibanding kamu mendadak panik filemu hilang karena virus yang tak mampu diatasi oleh Windows Defender.

Varian antivirus yang beragam membuat kita bisa memilih antara McAfee, Norton, Kapersky, hingga ESET. Harga Antivirus memang tidak murah tergantung dari para developernya. Terlebih sifatnya yang berlangganan tahunan. Namun terdapat beberapa antivirus terjangkau yang setidaknya jika kamu bisa menyisihkan uang sebesar 100-800 ribu setahun maka PCmu akan lebih aman.

Saya pribadi berlangganan ESET hingga detik ini dan sangat puas dengan performanya. Terlebih harganya sangat terjangkau per-tahunnya.

Pemutar Musik/Video

Meskipun semuanya bisa online dengan Spotify atau YouTube, namun aplikasi pemutar musik dan video merupakan salah satu aplikasi wajib selanjutnya yang harus dimiliki. Terlebih bagi kamu yang bekerja sebagai video editor atau kamu yang tak miliki koneksi internet stabil. Mendengarkannya melalui livestreaming akan sangat merepotkan bagimu.

Bagi video editor, aplikasi pemutar musik maupun video merupakan hal super wajib dimiliki. Karena mereka membutuhkan aplikasi tersebut untuk memutar musik tanpa copyright yang cocok untuk video mereka sebelum memutuskan untuk memasukkannya dalam video. Aplikasi tersebut juga memotong waktu pengerjaan video tanpa harus mengimpor musiknya langsung ke aplikasi video editing.

Terdapat berbagai varian aplikasi pemutar musik maupun video, mulai dari bawaan windows sendiri yakni Windows Media Player, Groove Music, Media Player Classic, MediaMonkey, iTunes, Winamp, GOM, VLC, Pot Player, dan masih banyak lagi.

System Care

System Care mungkin menjadi aplikasi yang jarang diperhatikan oleh banyak orang. Aplikasi ini umumnya akan membuang beberapa file tidak penting dan menjaga keamanan PCmu. Mirip dengan Antivirus namun ia lebih fokus pada pembuangan file yang bakal merepotkan jika terus disimpan. Mulai dari cache internet hingga perbaikan sekuritas PCmu.

System Care terbagi atas dua jenis: pembuang file tidak penting saja dan gabungan pembuang file tidak penting dan proteksi maupun update sistemmu. Varian terbaik yang saya ketahui dan rekomendasikan saat ini hanya dua: CCleaner dan Advanced System Care.

Aplikasi Screenshot

Oke saya tau ini mungkin tidak penting-penting amat, namun menurut saya pribadi aplikasi ini penting sekali agar waktumu tak terbuang hanya untuk mengambil screenshot saja. Khususnya untuk laman tertentu tanpa perlu mengeditnya.

Jika kamu menggunakan Windows 10 maka kamu akan tahu bahwa terdapat aplikasi Snip & Sketch yang bisa dilakukan dengan caranya sendiri. Namun terdapat aplikasi lain yang sangat simple hanya dengan menekan tombol PrintScreen di keyboardmu saja, maka kamu bisa langsung memilih area mana saja yang akan kamu ambil screenshotnya.

Beberapa aplikasinya adalah Lightshot, SnapDraw, Snagit, Fireshot, dan yang lain.

Compress File

Winrar ScreenshotSelain untuk mengecilkan ukuran file, aplikasi compress file akan jadikan filemu lebih tertata rapi dibandingkan harus melihatnya tercerai-berai di foldermu atau desktop. Dengan aplikasi compress file, kamu akan bisa menghemat sedikit lebih lega ukuran semua filemu yang besar.

Umumnya aplikasi tersebut miliki kemampuan untuk menjadikan beberapa file dalam sebuah format compress bernama .rar atau .zip. Ragamnya juga berbeda, mulai dari yang berbayar seperti WinRAR, hingga yang gratis seperti 7Zip. Semua fungsinya sama saja.

Opsional

Beberapa aplikasi berikut adalah aplikasi opsional yang bisa kamu pasang atau tidak di PCmu. Tentunya sesuai dengan kebutuhanmu masing-masing.

Editing Video/Gambar/Logo

Aplikasi editing video maupun gambar merupakan aplikasi yang mungkin wajib bagi kamu yang bekerja atau hobi mengedit video maupun gambar/logo. Terdapat berbagai macam aplikasi edit video maupun gambar yang bisa kamu pasang. Mulai dari untuk pemula hingga profesional.

Namun saya pribadi menyarankanmu untuk membeli dan menginstall produk dari Adobe. Itupun jika PCmu kuat. Jika tidak, mungkin aplikasi edit lain yang saya rekomendasikan bisa menjadi opsi yang oke untuk mengedit video, mengedit gambar, maupun membuat logo.

Converter

Aplikasi ini mungkin dibutuhkan di zaman dulu, namun tak begitu dibutuhkan di zaman serba digital seperti saat ini. Aplikasi converter merupakan aplikasi yang mampu mengubah format file ke format lain. Misalnya saja mp4 ke mp3 atau word ke pdf.

Launcher Video Game

Nah, aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi wajib bagi kamu yang hobi main game. Hal ini karena tak semua game PC bernaung pada satu aplikasi launcher saja. Beberapa aplikasi seperti Steam (hampir semua game PC), Origin (game EA), Uplay (game Ubisoft), GOG Galaxy (gabungan semua launcher, masih beta tidak disarankan), Bethesda (game Bethesda), Epic Games Store (beberapa game PC), hingga Battlenet (game Blizzard dan Activision) menjadi aplikasi launcher yang wajib dipasang di PCmu.

Word Processor/Office

Ini adalah aplikasi wajib untuk penulis seperti saya. Hal ini karena saya akan dengan sangat mudah untuk menyimpan tulisan saya yang pada akhirnya akan menjadi portofolio pekerjaan saya di masa depan. Aplikasi word processor juga sangat penting bagi para mahasiswa yang tengah mengerjakan skripsi.

Namun kenapa saya masukkan ke opsional? Karena di era yang serba digital ini, kamu bisa menggunakan Google Docs atau aplikasi mengetik online lain tanpa perlu repot tidak kamu simpan dan kehilangan semua pekerjaanmu saat listrik padam.

Aplikasi Lain

Banyak aplikasi lain yang mungkin kamu butuhkan sebagai opsi. Tentunya semua kembali ke kebutuhanmu masing-masing, karena pada dasarnya tidak ada gunanya jika kamu menginstallnya jika tidak kamu butuhkan. Beberapa di antaranya adalah Torrent, aplikasi livestream, atau mungkin overclock dan monitoring bagi kamu yang bekerja sebagai tech enthusiast dan overclocker.


Itulah daftar aplikasi yang wajib kamu install setelah lakukan install ulang. Semua aplikasi di atas adalah kebutuhan dasar yang wajib kamu penuhi setelah rampung menginstall operating system entah Windows, Linux, atau mungkin Mac.

Tentunya dengan beberapa aplikasi opsional bagi kamu yang bekerja atau miliki hobi lain. Namun saya yakin aplikasi wajib di atas sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan normalmu di PC.

Apakah kamu setuju dengan daftar di atas? Jika tidak, mungkin kamu bisa menambahkan aplikasi lain melalui kolom komentar di bawah.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Weird and have passive ability to easily forgotten by people. Multi-platform gamer with PC as his main platform while PlayStation in the second. RPG, MMORPG (any nation), JRPG (JP, EN), FPS, TPS are his main courses. Moving forward, not backward, and evolving without too long dwelling to the past. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).