Game Call of Duty Terbaru Ketahuan Mencuri Art Milik Pengembang Game Lain

in ,

Tiru-meniru di dalam dunia video game mungkin menjadi salah satu hal yang paling banyak terjadi. Mulai dari konsep atau tema, hingga ke gameplay, karakter, dan banyak aspek lainnya. Dan ketika biasanya hal tiru-meniru ini dilakukan oleh para developer game kecil ke developer yang lebih besar, kasus yang satu ini malah menyeret salah satu game besar yaitu Call of Duty yang kedapatan telah menggunakan art milik game indie kecil yaitu Black Powder Red Earth, menempelinya dengan atribut-atribut dari COD: Modern Warfare dan menggunakan art tersebut di dalam gamenya langsung.

Hal ini sendiri ketahuan setelah banyak fans yang memberi tahu sang developer Black Powder Red Earth lewat akun Instagram mereka bahwa Call of Duty atau di sini sang publisher Activision telah menggunakan art mereka tanpa izin. Tidak menunggu lama, akun Instagram dari game indie tersebut pun akhirnya memposting screenshot dari poster Modern Warfare yang digunakan oleh Activision, dan memberikan perbandingan dari art yang mereka miliki sebelumnya. Dan kamu bisa melihat sendiri bahwa secara terang-terangan Activision menggunakan art tersebut, memberinya efek filter, serta menempelkan logo Modern Warfare di atasnya.

Menengok lebih dalam ke dalam 2 foto perbandingan di atas yang sudah jelas menggunakan 2 gambar yang sama, dan untuk membuktikan bahwa Black Powder Red Earth adalah pemilik resmi dari gambar ini mereka juga memberikan penjelasan dalam postingan Instagramnya bahwa mereka memproduksi foto atau gambar tersebut untuk Bravo Company USA yang merupakan jasa keamanan private. Dan dari postingan yang dikabarkan dalam forum Reddit gambar ini memang pertama kali diunggah oleh Bravo Company USA 4 tahun yang lalu atau tepatnya pada 30 November 2015.

Ready for the holidays? Cyber Monday sale going on now.

Posted by Bravo Company USA on Monday, 30 November 2015

Sedangkan Activision sendiri baru menggunakan art tersebut pada Call of Duty: Modern Warfare terbaru mereka. Setelah kami telusuri gambar tersebut sendiri digunakan oleh Activision sebagai start banner alias banner yang muncul pada kamu memulai game COD: Modern Warfare lewat launcher Batlle Net. Banner ini sendiri muncul sebelum masuk ke gamnya. Dan kamu bisa melihatnya secara jelas di screenshot yang telah kami ambil di bawah ini:

Lalu bagaimana penjelasan publisher Activision, maupun Infinity Ward selaku pengembang dari Call of Duty: Modern Warfare ? Sayangnya masih belum ada konfirmasi atau penjelasan resmi dari mereka lewat media sosial ataupun lewat pemberitaan dari media lain terhadap kasus ini.

Kami akan memberikan update bila ada perkembangan atas informasi ini.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Call of Duty atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A. Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.