25 Game Horror Terbaik 2023 yang Paling Seram dan Menakutkan!

Game Horror Terbaik 2023

Game Horror Terbaik – Genre horor tidak hanya kita temui di film saja, melainkan di ranah gaming juga sudah menjadi genre favorit bagi sebagian besar gamers di seluruh dunia. Meskipun menyeramkan dan tak jarang bikin susah tidur, game horor tetap saja mendominasi rasa penasaran pemain sehingga mengantarkan rasa ingin menyelesaikan game-nya.

Dari tahun ke tahun, game horor mengalami banyak perkembangan dan tentunya tak sedikit developer yang ngeksis lewat genre ini melalui game menyeramkan mereka. Di tahun 2023 sendiri tak sedikit lahir banyak game horror terbaik yang bisa kalian cobain!

Disclaimer: Daftar di bawah ini diisi dengan game horror yang dirilis di sepanjang tahun 2023 saja!

Game Horror Terbaik 2023

Game Horror Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi game horor terbaik 2023 yang bisa kalian mainkan!

1. Resident Evil 4 Remake

Resident Evil 4 Remake

Merupakan versi remake dari Resident Evil 4. Di sini, kita akan berperan kembali sebagai Leon S. Kennedy yang sudah diangkat menjadi agent DSO. Dia ditugaskan untuk menyelamatkan putri Presiden, Ashley Graham, yang diculik oleh organisasi pengguna bio-terror.

Sebagai versi remake, RE 4 Remake ini pastinya akan menawarkan gameplay dan visual grafis yang lebih kaya. Di sini pula kita bisa temukan puzzle yang makin beraneka ragam dan kisahnya yang semakin seru dan sayang jika dilewatkan!

2. Outlast Trials

Outlast Trials

Game horor terbaik selanjutnya adalah Outlast Trials, sebuah game psychological-horror yang merupakan judul terbaru dari seri Outlast. Versi Trials ini mengharuskan kalian bermain secara multiplayer.

Seperti yang kita tahu, Outlast ini menempatkan kalian sebagai test subject dalam eksperimen rahasia selama Perang Dingin. Jadi, gak heran apabila di sepanjang permainan kamu dan rekan satu tim akan mengalami hal – hal tidak mengenakkan. Kontennya yang disturbing dan rawan kena ‘dollar kuning‘ jika disiarkan di platform streaming.

3. Amnesia The Bunker

Amnesia The Bunker

Amnesia The Bunker menjadi game horor terbaik 2023 selanjutnya yang bisa kalian mainkan. Game ini mengadaptasi latar waktu perang dunia pertama di mana kamu bermain sebagai Henri Lambert, seorang prajurit yang mengalami cidera dan lupa ingatan setelah berperang melawan pasukan Jerman.

Kamu akan mengeksplorasi bunker yang telah dihabisi oleh monster dan juga tikus, dan tugasmu ialah mencari jalan keluar dari tempat tersebut selagi menghindari ditangkap oleh si monster.

4. World of Horror

World of Horror

Game horor selanjutnya adalah World of Horror yang hadir dengan turn-based combat. Merupakan game RPG dengan visual 1-bit pixel art terinspirasi dari Lovecraftian dan Junji Ito. Mengambil latar waktu tahun 199x di sebuah kota fiksi Shiokawa, Jepang, dimana pemain harus mengekplost berbagai lokasi untuk melawan makhluk dari dunia lain demi menyelamatkan dunia.

Makhluk – makhluk dunia lain ini banyak yang dibuat berdasarkan makhluk halus dari manga, film horor, dan urban legend Jepang seperti Kuchisake-onna yang sangat terkenal di rakyat Jepang.

5. Unholy

Unholy

Game horor selanjutnya yang bisa kamu mainkan adalah Unholy. Disini kamu berperan sebagai Dorothea Linde yang berjuang menyelamatkan anaknya yang diculik oleh sekte sesat yang menjanjikan kehidupan abadi.

Di game ini pula, kamu dituntut untuk bergerak secara stealthy atau sneaky alias diam-diam sehingga tidak gampang ketahuan. Bigakah kamu membantu Dorothea menyelamatkan anaknya?

6. The Texas Chainsaw Massacre

The Texas Chainsaw Massacre

Game horor terbaik selanjutnya adalah The Texas Chainsaw Massacre yang diangkat dari film dengan judul yang sama. Dan kini, dia hadir sebagai game  asymmetrical survival horror. Game ini menampilkan empat korban yang harus kabur dari kejaran keluarga kanibal.

Disini, kamu bisa memilih untuk menjadi tim survivor-nya, atau menjadi salah satu anggota keluarga pembunuh manusia yang memburu para survivor.

7. Dead Space (2023)

Dead Space

Game survival horror selanjutnya ada Dead Space yang merupakan versi remake dari Dead Space 2008. Dan serupa dengan versi original, game ini mengambil latar di pesawat ruang angkasa yang dikendalikan oleh monster bernama Necromorphs diikuti dengan penemuan sebuah artifak bernama Marker.

Disini, pemain berperan sebagai engineer bernama Isaac Clarke untuk menavigasi pesawat dan bertempur melawan para Necromorphs ini. Disamping itu, ia juga harus berjuang melawan kondisi psychosis (ketidakmampuan untuk menentukan mana yang nyata dan tidak) yang sudah berkembang di dalam dirinya.

8. Fatal Frame Mask of the Lunar Eclipse

Fatal Frame Mask of the Lunar Eclipse

Fatal Frame Mask of the Lunar Eclipse merupakan judul keempat dari seri Fatal Frame. Sebelumnya, ia hanya ekslusif di region Jepang saja untuk platform Wii. Namun, bulan Maret lalu, ia sudah resmi bisa diakses oleh pemain di seluruh dunia!

Mengisahkan tentang hilangnya 5 orang gadis saat festival di Rogetsu Isle. Meskipun semua gadis tersebut berhasil diselamatkan, mereka semua kehilangan ingatan. Hanya ingatan samar mengenai satu melodi dan kerasukan seorang wanita yang menari di bawah sinar rembulan yang tersisa.

10 tahun kemudian, dengan masih tidak bisa mengingat apapun mengenai penyebab hilangnya mereka, dua dari 5 gadis tersebut meninggal dengan tragis dan tak wajar. Maka, tiga gadis lainnya memutuskan untuk memecahkan misteri dari kematian dua temannya tadi ke Rogetsu Isle.

9. Sons of the Forest

Sons of the Forest

Sons of the Forest merupakan game yang menjadi sequel dari judul sebelumnya, The Forest. Mengisahkan sebuah misi untuk mencari seorang milyuner yang menghilang di sebuah pulau terpencil dan misterius. Pemain akan menelusuri pulau tersebut sambil bertahan hidup dari ancaman para makhluk kanibal yang hidup di sana.

Game ini hadir kembali dengan berbagai fitur yang ada di game The Forest dimana pemain harus bisa bertahan hidup, mulai dari mencari bahan resource, membuat tempat camping, senjata dan masih banyak lagi.

10. Ad Infinitum

Ad Infinitum

Ad Infinitum adalah game horor 2023 selanjutnya yang mengambil latar era Perang Dunia I. Disini, kamu mengontrol seorang tentara Jerman yang mencoba menerima kengerian selama peperangan dunia pertama.

Kadang, latarnya berpindah ke mansion keluarganya dan kemudian pindah lagi ke kota Prancis. Hal ini menandakan adanya ketidakstabilan mental yang dialami olehnya. Disini pula kamu harus memecahkan puzzle dan menghindari monster. Terkadang kamu juga akan dikasih liat pengalaman seorang prajurit selama peperangan.

11. Greyhill Incident

Greyhill Incident

Greyhill Incident adalah game horror terbaik yang bisa kamu coba selanjutnya. Berlatar di tahun 1992 di sebuah kota fiksi bernama Greyhill. Kota ini diterror oleh invasi alien oleh grey aliens.

Disini, kamu berperan sebagai Ryan Baker, seorang ahli teori konspirasi yang anaknya diculik oleh alien tersebut. Di sini, kamu harus bisa stealth suntuk menghindari alien; baik dengan cara sembunyi di dalam mobil, tong sampah, dan lain-lain sambil berusaha membantu penduduk lain di sana.

12. Alan Wake 2

Alan Wake 2

Alan Wake 2 adalah game horror yang merupakan lanjutan dari Alan Wake pertama. Masih mengisahkan perjalanan Alan Wake, si Novelist horror, yang terjebak di dimensi alternatif selama 13 tahun. Dan disini, dia harus bisa kembali dengan menuliskan sebuah kisah horror yang melibatkan seorang anggota FBI bernama Saga Anderson.

Judul kedua ini hadir dengan genre survival horror dan Third-Person. Pemain bisa bermain sebagai Alan Wake atau Saga Anderson dalam kisah single-player yang berbeda yang dapat dimainkan dalam urutan apapun. Meskipun di urutan pembuka dan akhir permain masing-masing hanya bisa dimainkan oleh Alan atau Saga.

13. Daymare 1994 Sandcastle

Daymare 1994 Sandcastle

Game survival horror third person selanjutnya adalah Daymare 1994 Sandcastle. Kamu berperan sebagai Dalila Reyes, mantan agen pemerintah yang kini bekerja untuk gryp bernama HADES.

Dalila dikirim ke fasilitas penelitian untuk tugas khusus, namun tentu saja semua tidak akan berjalan mulus sesuai rencana. Sebab kamu akan bertemu dengan musuh yang keras banget. Mekanisme action yang hardcore, serta pemecahan puzzle juga hadir di dalam game ini.

14. Bramble the Mountain King

Bramble The Mountain King

Selain horror, Bramble the Mountain King mengusung genre action-adventure yang lebih kental. Kamu akan berperan sebagai anak kecil bernama Olle yang berniat menyelamatkan saudarinya yang diculik, Lillemor, dari tangan makhluk mitologi.

Game ini mengadopsi cerita rakyat Nordic. Mengambil perspektif third-person dan elemen horror. Perjalanannya linear dan bekelanjutan. Dan seperti biasa, pemain harus menyelesaikan puzzle.

15. Eresys

Eresys

Kalau udah bicara soal game horor, pasti gak akan jauh dari elemennya Lovecraftian. Dan Eresys bukanlah pengecualian untuk hal tersebut. Game ini berfokus pada mode co-op. Bersama dengan tiga teman cultist-mu, harus mengirim monster yang dilepaskan oleh orang ordomu ke dunia.

Game ini memiliki banyak mekanisme unik, seperti AI yang membuat monster Lovecraftian perlahan mulai mempelajari perilakumu. Tapi, tetap waspada! Sebab kejadian tak terduga akan terjadi.

16. Lethal Company

Lethal Company

Lethal Company baru-baru ini menjadi pusat perhatian para pecinta game horror, khususnya multiplayer. Game ini digarap oleh seorang developer solo yang juga membuat beberapa mode permainan di Roblox. Sekilas, game ini terlihat seperti game remeh yang tak layak toleh. Namun, siapa mengira ternyata Early Access-nya saja sudah mampu meraup review postive di platform Steam.

Game yang kerap dicandain ‘mulung simulator’ mengharuskan pemain untuk mengumpulkan resource atau barang-barang bekas di instalasi yang telah ditinggalkan. Kemudian, barang-barang yang sudah berhasil dikumpulkan dapat dijual demi mendapatkan uang.

17. Don’t Scream

Don’t Scream

Selanjutnya ada Don’t Scream yang hadir sebagai game horror yang melarangmu untuk berteriak. Jangankan teriak, ngomong dikit aja kamu sudah pasti gagal dalam menyelesaikan game ini.

Video rekaman hitam putih di tahun 90-an menjadi tema utama di game ini. Berbeda dari game Horor lainnya, game ini seakan mengajak pemainnya terjebak dalam cerita dan mekanisme gameplay cukup kompleks. Sederhananya, Don’t Scream merupakan “Scare Simulator” yang mendorong rasa takut pemainnya selama game dimainkan.

18. Five Nights at Freddy’s Help Wanted 2

Five Nights At Freddy Help Wanted 2

FNaF Help Wanted 2 sudah sangat jelas menjadi sequel dari Five Nights at Freddy’s: Help Wanted dan menjadi judul kesepuluh di franchise FNaF.

Ada total 40 mini game yang dihadirkan di Help Wanted 2. Setelah menyelesakan 15 mini-game dengan difficulty normal, pemain akan replay mini-game tersebut dalam mode hard! Oh, tentu saja elemen jumpscare dari robot-robot menyeramkan ini akan menjadi teror terbesarmu!

19. The Devourer Hunted Soul

The Devourer

The Devourer Hunted Soul mengajakmu sebagai paranormal investigator. Hadir sebagai game multiplayer first person yang membuatmu bisa main bareng temen-temen untuk mengungkap misteri yang ada.

Disini, kamu dan temant-temanmu diminta untuk menginvestigasi hutan menyeramkan, mencoba untuk mengangkat kutukannya, dan mengetahui kisah tragis yang pernah terjadi di hutan tersebut. Tentu ada berbagai macam puzzle yang harus dipecahkan bersama pula.

20. Parasocial

Parasocial

Parasocial merupakan game horor terbaru milik Chilla’s Art ini dibawakan dengan kisah yang lebih spesifik, dimana ia berputar di sekitar kehidupan menyeramkan seorang streamer VTuber yang menjadi sasaran stalker.

Sebagai game psychological horror, pastinya pemain bakal dibikin berdebat batin sebab game Chilla’s Art yang satu ini penuh dengan plot twist tak terduga! Dan sama seperti game-game sebelumnya, dia masih mengenakan estetika ala film VHS. Jadi kerasa makin horror, deh!

21. Fears to Fathom Ironbark Lookout

Fears To Fathom Ironbark Lookout

Ironbark Lookout merupakan judul keempat dari serial Fears to Fathom. Game ini hadir dengan first-person narrative walking simulator dengan elemen eksplorasi. Nantinya, kamu berperan sebagai Jack Nelson, seorang petugas pemadam kebakaran berusia 24 tahun, yang dipindahkan ke pos terdepan baru.

Saat dia menetap di rumah barunya, dia tidak bisa menghilangkan perasaan bahwa ada sesuatu yang gak beres. Dan bener saja, memang ada sesuatu yang tengah terjadi di kota baru tempat dia tingga ini.

22. The Exit 8

The Exit 8

Game walking simulator horror selanjutnya adalah The Exit 8. Disini pemain terjebak dalam loop di lorong bawah tanah, kemana pun kamu pergi, kamu bakal balik ke titik yang sama terus. Dan tugasmu adalah mencari cara agar bisa keluar dari tempat ini.

Disini kalian bakal ketemu sama berbagai macam anomali. Namun, alih-alih menemukan anomali yang menyeramkan seperti hantu di game horror pada umumnya, anomali disini terlihat normal malah terlalu normal. Sehingga, kalian semakin sulit untuk menemukan jalan keluar.

23. Forsake Urban Horror

Forsake Urban Horror

Forsake adalah game co-op multiplayer horror lainnya yang bisa kamu eksekusi bareng temen-temenmu. Kalian akan bertindak sebagai tim eksplorer yang ditugaskan untuk mengeksplor tempat yang dipenuhi dengan makhluk-makhluk menyeramkan kemudian mengusirnya.

Selain ditugaskan mengusir setan, kalian juga bisa ngeloot barang di sini. Dan cara ngeloot barang ini juga harus dengan cara memecahkan berbagai macam kunci dan teka-teki yang sulit!

24. Granny Remake

Granny Remake

Siapa yang ga kenal dengan Granny? Kalian bakal mengalami terrornya yang jauh lebih menegangkan di Granny Remake ini, brott! Sejauh ini, game ini sudah memiliki tiga seri dengan Granny 3 sebagai seri paling baru.

Dan pemain masih memiliki tujuan yang sama, yaitu keluar dari rumah si nenek sebelum hari kelima. Selama itu, pemain akan diharuskan memecahkan teka-teki, mencari kunci, dan tentunya gak boleh berisik! Atau kamu bakal ditangkep sama si nenek ini!

25. The Baby in Yellow

The Baby In Yellow

Game horror selanjutnya adalah The Baby in Yellow, yang memiliki unsur kental Lovecraftian-nya. Alih-alih melarikan diri, disini kamu malah ditugaskan untuk mengurus bayi setan!

Seperti mengurus bayi pada umumnya, kamu harus ganti popok dia, kasih dia makan, jangan dimasukin ke oven (EMANG SIAPA YANG MASUKIN BAYI KE OVEN), ceritain dongeng, anterin tidur, dan JANGAN PERNAH DITINGGAL. Pokoknya ini bayi bukan sembarang bayi, deh!

Itulah rekomendasi game horror terbaik 2023 yang bisa kalian mainkan! Adakah game di atas yang sudah kamu mainkan brott? Atau adakah game horror lainnya yang bisa kamu rekomendasikan? Bagikan di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Terbaik atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version