Nintendo Ingatkan untuk Setidaknya Mengecas Switch 6 Bulan Sekali

Switch Dead

Nintendo Switch tentunya merupakan konsol hybrid yang menggabungkan konsol rumahan dan konsol handled. Dan karena bisa dibawa kemana-mana dengan mudah maka tentunya ada kemungkinan bahwa si pemilik tidak sempat atau lupa untuk mengisi daya dari Switchnya dalam waktu yang lama.

Hal ini ternyata bisa berdampak bagi kesehatan si konsol, terutama untuk baterai yang tertanam di dalam konsolnya. Bahkan dalam waktu yang lama bila tidak dicas baterai Switch ini bisa rusak, hal ini sendiri disampaikan secara resmi oleh akun Twitter Nintendo_cs beberapa waktu lalu.

Dalam Terjemahan tweetnya Nintendo mengatakan bahwa “Baterai yang terpasang dalam konsol Switch bisa menjadi rusak dan tidak bisa diisi ulang bila tidak pernah di-cas dalam waktu yang lama. Mohon untuk mengecasnya sekali setiap 6 bulan.

Disini tentu akhirnya jelas bahwa Nintendo menyarankan untuk setidaknya mengecas Switch kalian yang mungkin sekarang sudah jarang digunakan setiap paling tidak 6 bulan sekali. Karena menurut penjelasannya baterai yang digunakan dalam Nintendo Switch adalah Lithium-Ion yang tentunya banyak dipakai di smartphone.

Hal ini juga berarti menggunakan Switch hingga baterai habis juga akan membuat umur baterai dalam konsolnya semakin berkurang.Yang artinya Nintendo Switch haruslah diperlakukan layaknya handphone atau smartphone yang dicas secara berkala dan tidak digunakan hingga baterainya benar-benar nol.

Namun apakah membiarkannya berada di dockingnya terus atau dalam kata lain mengecasnya terus-menerus akan membuat konsolnya overcharged? Ternyata dari penjelasan akun @TomiStadio bahwa baterai yang ada di konsol Switch telah didesain agar tidak terjadi overcharged selama menggunakan charger yang resmi dari Nintendo.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Nintendo atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version