Para Gamer Speedrun ini Berhasil Kumpulkan 2,2 juta Dollar untuk Donasi Amal


Follow Us

Bermain game menghabiskan uang banyak, mungkin banyak yang seperti itu. Bermain game dan mendapatkan banyak uang, beberapa orang juga telah membuktikannya bahwa hal itu memungkinkan. Namun bagaimana dengan bermain game untuk mengumpulkan dana amal? Kelihatannya hal itu masih merupakan hal yang jarang dilakukan oleh para gamer. Namun, sekelompok gamer ini ternyata memiliki agenda tahunan yang bertujuan untuk mengumpulkan dana untuk amal dari bermain video game.

Nulis artikel dibayar

Namun bukan hanya sekedar bermain game, karena para gamer ini adalah speedrunner. Dimana mereka memiliki target menyelesaikan sebuah game secepat mungkin. Beberapa bahkan berkeinginan memecahkan rekor waktu yang sebelumnya telah ada. Acara yang bernama Awesome Games Done Quick ini merupakan acara tahunan yang diadakan di Amerika Serikat, yang telah berjalan sejak 2010 hingga sekarang.

AGDQ tahun ini pun baru saja diadakan beberapa hari yang lalu dan berlangsung selama seminggu. Namun ternyata hal yang dramatis terjadi pada akhir-akhir marathon. Dimana pada 15 Januari lalu AGDQ berhasil mengumpulkan dana amal sebesar 1 juta Dollar. Dan jam-jam setelahnya semuanya berlangsung menegangkan dimana dana yang mereka kumpulkan ternyata mampu menjadi dua kali lipat hanya dalam 12 jam. Hal ini bisa tercapai atas kerja keras para speedrunners yang terus menyajikan permainan yang mampu menarik perhatian para viewer yang tentunya mendonasikan uangnya untuk acara ini.

Salah satu speedrunners yang menarik perhatian para penonton adalah TASBot, ya dia bukanlah seorang speedrunner biasa karena dia sendiri adalah sebuah robot. TASBot merupakan sebuah robot yang diprogram untuk memberikan beragam input ke dalam game yang ia mainkan yang bukan hanya memungkinkan game tersebut dimainkan secara sempurna. Namun bahkan mampu mengubah sistem dalam game tersebut dalam membaca input yang memungkinkan TASBot menyelesaikan game-game tertentu dalam waktu yang sangat singkat.

Di akhir acara, jumlah donasi yang berhasil dikumpulkan oleh AGDQ adalah 2,2 juta dollar dimana sebanyak 43,384 orang ikut serta berkontribusi dalam menembus angka tersebut. Acara AGDQ 2017 ini pun didukung oleh hampir 200 speedrunners yang melakukannya bergantian secara marathon. Dana yang dikumpulkan dari acara ini nantinya akan disumbangkan kepada Badan Pencegahan Kanker di sana.

Sungguh mulia bukan apa yang dilakukan para gamer ini. Dan mereka pun bisa memberikan manfaat bukan hanya kepada diri mereka sendiri, namun juga orang lain dari bermain game. Kira-kira ada kah di Indonesia ini yang mau mengadakan acara serupa seperti ini?

sumber: kotaku


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item