Shigeru Miyamoto Belum Ada Rencana Pensiun dari Nintendo

Shigeru Miyamoto Pensiun

Shigeru Miyamoto Pensiun – Franchise ikonik Nintendo seperti Mario, Donkey Kong, Star Fox dan The Legend of Zelda bisa lahir karena Shigeru Miyamoto. Selain menjadi kreator untuk banyak seri game populer Nintendo, ia juga turut serta membantu merancang beberapa konsol terbaik Nintendo selama bertahun-tahun.

Dengan usia yang sudah menginjak 71 tahun di tahun 2023, banyak yang bertanya-tanya apakah tokoh legendaris di industri gaming itu telah memiliki rencana untuk pensiun.

Alasan Shigeru Miyamoto Belum Ada Rencana Pensiun dari Nintendo

Apa alasannya, ya?

Dalam wawancara terbarunya bersama The Guardian, Shigeru Miyamoto ditanyai apakah ia pernah tergoda untuk pensiun dari Nintendo. Miyamoto mengonfirmasi jika ia belum memiliki rencana untuk pensiun dari industri gaming, karena ia masih mencintai apa yang ia lakukan.

Alih-alih berpikir soal pensiun, ia mengatakan bahwa ia lebih sering memikirkan soal apa yang terjadi jika ia meninggal.

“Lebih dari sekedar pensiun, saya lebih memikirkan hari di mana saya tutup usia. Di zaman sekarang ini, Anda harus memikirkan banyak hal dalam rentang waktu lima tahun kedepan, jadi saya memikirkan kepada siapa saya bisa menyampaikan hal-hal tersebut, jikalau terjadi sesuatu.”

Shigeru Miyamoto, Game Director Nintendo
Shigeru Miyamoto

Shigeru Miyamoto kemudian mengatakan bahwa ia berterima kasih atas energi kreatif yang diberikan oleh orang lain di Nintendo terhadap kreasinya. Dia menjelaskan bahwa dirinya tidak merasa memiliki kepemilikan atas franchise yang dibuatnya, karena mereka semua “tumbuh” berkat kontribusi kreator lain di Nintendo.

Apa Jadinya Nintendo Tanpa Dia?

Apa jadinya Nintendo jika dia benar-benar memutuskan untuk pensiun?

Awal tahun ini, Shigeru Miyamoto sempat membahas mengenai kemungkinan kepergiannya dari Nintendo. Dia mengatakan bahwa kepergiannya kemungkinan tidak akan merubah apa yang terjadi di Nintendo.

Selain itu, sang Game Director percaya jika bahwa banyak orang di Nintendo, baik eksekutif maupun kreatif, ingin menciptakan pengalaman baru dan ada “perasaan bersama” terhadap visi kreatif di dalam Nintendo.

Dia justru mengatakan bahwa ketika ia pensiun nantinya, ia berharap jika orang-orang di Nintendo setidaknya akan mengingatnya sebagai kreator dari beberapa franchise terbaik Nintendo.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Nintendo atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version