Take-Two Minta Mod “Panas” Hot Coffee Dihapus dari Red Dead Redemption 2


Jadi kontroversi ?

Pada minggu lalu, kami sempat mengabarkan adanya keberadaan suatu mod Red Dead Redemption 2 yang cukup banyak menyita perhatian dari para komunitas gamenya. Terinspirasi langsung dari satu fitur mini game GTA San Andreas yang berjudul Hot Coffee, mini game dewasa ini telah berhasil diangkat kembali dalam bentuk mod secara lebih realistik dan sesuai dengan kapabilitas visual yang dimiliki oleh game Red Dead Redemption 2 itu sendiri.

Mod tersebut betul-betul menawarkan suatu rasa kesenangan duniawi yang bisa dieksplor oleh para pemain. Modusnya adalah kamu bisa mengajak seorang “kupu-kupu malam” untuk berkencan hingga membawanya langsung ke sebuah kamar. Tentu kami tidak perlu lagi mejelaskan secara lebih lanjut hal-hal apa yang nanti akan kamu lakukan selanjutnya ?

Menariknya, kemunculan mod Hot Coffee ini rupanya telah mendapat sebuah perhatian yang amat penting dari pihak Take-Two selaku perusahaan induk Rockstar yang menggarap sekaligus mempublish Red Dead Redemption 2. Dimana mereka sendiri ternyata sangat begitu murka terhadap keberadaan Mod tersebut.

Dilansir dari informasi yang disampaikan oleh seorang Youtuber bernama Swegta, pihak Take-Two telah resmi mengirimkan suatu bentuk peringatan keras melalui sang representatif legalnya kepada pencipta mod Hot Coffee yang bernama Unlosing dan Jedijosh920.

Mereka pun meminta agar sang modder bersedia untuk men-take down mod panas itu dengan alasan karena sudah melanggar EULA (End User License Agreement) dan kode etik yang telah Take-Two tetapkan. Terutama mengenai larangan untuk mendekompilasi dan memodifikasi software. Termasuk juga dengan larangan untuk menciptakan suatu konten yang vulgar dalam bagian kode etiknya. Jika bentuk peringatan ini tidak segera digubris, pihak Take Two tidak akan ragu untuk membawa permasalahan ini secara lebih jauh (pastinya menyangkut hukum).

Sang modder, Unlosing mengaku sangat terkejut dengan reaksi yang diberikan oleh Take Two (via pemberitaan PCGamesn). Menurut pembelaannya, mod ini sama sekali tidak memuat hal-hal yang berbau “nudity” dan masih memanfaatkan asset yang sepenuhnya ada dalam game. Dimana ia menambahkan bahwa Animasi utamanya dicopy dari salah satu misi saat karaktermu mabuk di sebuah bar. Bahkan pengambilan suaranya pun murni diambil dari suara karakter yang sedang terluka. Unlosing sendiri juga menyebut bila mod Hot Coffee merupakan mod yang hanya bisa diakses dalam mode offline atau single player campaign.

Kegalakkan Take-Two terhadap para modder atau komunitas memang sebelumnya juga pernah mereka tunjukkan saat menindak keras modder pencipta game Red Dead Redemption 1 remake, hingga seorang leaker Borderlands 3. Hanya saja untuk kasus ini, apakah hal yang telah dilakukan Take-Two tersebut menurutmu tepat ?

Untuk sementara, mod Hot Coffee memang masih tetap tersedia dan bisa kamu download di Nexus. Sebelum hendak menikmati mod itu, ada baiknya apabila bisa memastikan bahwa dirimu sudah cukup mengerti dan dewasa dalam menyikapinya.

Sumber: Swegta (via PCGamesN)


Baca pula informasi lain terkait Red Dead Redemption 2, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.