16 Channel Lokal untuk Nonton eSports Rame-Rame di Youtube


Follow Us

Menonton turnamen game atau nonton eSport sekarang memang tidak harus berkumpul di satu tempat seperti mabar-mabar pada umumnya. Meskipun beberapa tempat dan gamer tetap lebih menyukai untuk menonton bersama di satu tempat, beberapa gamer lainnya yang mungkin memiliki keterbatasan waktu atau sekedar mager (males gerak) tentunya lebih memilih menonton di kamar-kamar masing-masing melalui PC, laptop, ataupun smartphone masing-masing.

Nulis artikel dibayar

Youtube tentunya masih menjadi platform paling populer bagi para penyelenggara turnamen game untuk mengadakan livestream masing-masing. Tapi dengan banyaknya channel, dan tampilan beranda utama yang terkadang sangat acak-acakan kamu mungkin akan kebingungan untuk memilih channel apa yang harus kamu cari untuk menonton event eSports dari game tertentu. Tenang saja karena kami sudah mendata channel-channel Youtube lokal yang selalu mengcover event-event eSports yang pastinya jangan kamu lewatkan.


Channel Campuran

Di daftar ini kita akan mendaftar channel-channel yang menyiarkan lebih dari satu jenis game. Mayoritas channel-channel ini memang sudah besar dan sudah familiar bagi kamu karena memang sudah lama melintang di dunia livestream Youtube. Tapi siapa tahu ada dari channel-channel ini yang mungkin kamu lewatkan.


1. Ligagame eSports TV

Coverage : Dota 2, CS: GO, Rules of Survival, Mobile Legends Bang Bang, Arena of Valor, PUBG, Overwatch, Fortnite

Ligagame TV tentunya sudah cukup kamu kenal karena merupakan salah satu channel yang paling konsisten untuk terus menyiarkan turnamen-turnamen eSports lokal maupun internasional. Game-game yang mereka siarkan pun terbilang sangat beragam mulai dari yang mainstream seperti Dota 2 dan CS: GO hingga ke mobile seperti ROS dan Mobile Legends.

Channel ini juga memiliki konten menarik lainnya seperti mabar, highlight turnamen atau pertandingan, Caster Academy, hingga tips dari para pemain pro lokal yang tentunya bisa menjadi pengganti yang bagus untuk kamu yang mencari hiburan ketika tidak ada turnamen yang tengah berlangsung.


2. RevivaLTV

Coverage : Dota 2, Mobile Legends, AOV, Point Blank, Rules of Survival, Vain Glory

Channel Youtube milik website Revival ini juga ikut meng-cover livestream untuk turnamen-turnamen eSports sejak 2013 lalu, sehingga bisa dibilang RevivaLTV  ini merupakan salah satu channel Youtube terlama yang sudah mengcover berbagai turnamen eSports. Sama seperti channel-channel sebelumnya yang menjadikan Dota 2 sebagai tayangan eSports andalan mereka sejak dahulu. Kini RevivaLTV kelihatannya mulai memfokuskan ke game yang kini mainstream di Indonesia yaitu Mobile Legends Bang Bang.

Untuk conten lainnya, RevivaLTV bisa dibilang unggul dari channel-channel lainnya karena pengalaman yang telah cukup lama. RevivaLTV memiliki banyak pilihan konten menarik mulai dari interview dengan berbagai sosok di dalam dunia Esports, Tips dan Trick dari para pemain pro, berita seputar eSports, hingga konten-konten lucu original dari mereka.


3. MineskiTV ID

Coverage : Dota 2, Point Blank, Arena of Valor, Rules Of Survival, Mobile Legends, PUBG,

Channel ini merupakan cabang dari channel Mineski TV yang merupakan channel eSport terbesar di Filipina. Dan sama dengan Mineski TV Filipina, channel ini juga menayangkan livestreaming dari berbagai macam turnamen eSport. Meskipun masih berumur cukup muda MineskTV ID telah meng-cover banyak variasi game eSport, mulai dari Dota 2, Point Blank hingga ke Ros dan Mobile Legends.

Selain livestream turnamen eSports, MineskiTV ID juga memiliki beberapa konten menarik lainnya seperti highlight aftermovie dari beberapa turnamen eSports yang digelar, interview dengan para pemain pro, hingga yang paling baru adalah Meme Discuss.


4. MoobaTV Indonesia

Coverage : Dota 2, PUBG, CS:GO

Channel yang satu ini merupakan channel Youtube yang dibentuk oleh salah satu caster eSports kawakan – Gisma Priayudha atau yang kerap disapa Melondoto ini ketika akhirnya memutuskan keluar dari Revival tahun 2017 lalu. Meskipun masih terhitung muda dan meng-cover variasi game yang lebih sedikit dari channel-channel sebelumnya MoobaTV Indonesia berhasil dengan cepat mendapat popularitasnya.

Untuk sekarang channel ini masih mengcover game-game seperti Dota 2, PUBG, dan CS:GO saja untuk livestream namun untuk konten-konten diluarnya channel ini juga mengcover beberapa game lain seperti Mobile Legends lewat highlight serta tips dan triknya.


5. Arena Gaming ID

Coverage : PUBG, Mobile Legends, Dota 2,Rules of Survival, Paladin, Vain Glory

Channel ini merupakan salah satu channel yang sering melakukan livestream untuk event-event eSports lokal terutama untuk turnamen PUBG, Mobile Legends, dan Dota 2. Channel ini sendiri kelihatannya mengkhususkan diri untuk coverage event-event offline yang memang tengah berlangsung. Sehingga intensitas livestream dari channel ini hanya akan berpusat ketika ada event yang memang tengah mereka siarkan. Sayangnya channel ini juga hanya berfokus dalam livestream dan belum ada konten-konten lainnya.


6. Supreme League TV

Coverage : CS:GO, Dota 2, Hearthstone, Mobile Legends

Supreme League TV merupakan channel milik Event Organizer (EO) Supreme League yang memang berfokus dalam urusan acara-acara eSports di Indonesia. Channel milik mereka ini pun diisi dengan livestream-livestream dari event-event eSport offline lokal yang memang mereka handle maupun event-event internasional secara online. Mayoritas game yang mereka cover adalah  CS:GO, Dota 2, dan Mobile Legends.

Untuk konten diluar livestream channel ini masih minim yaitu hanya AMD Caster Talent pada awal tahun ini.


7. MGS Production

Coverage : Dota 2, Mobile Legends

Salah satu channel Youtube eSport yang berisikan caster-caster yang cukup dikenal di Indonesia, MGS Production diluncurkan pada 2017 lalu dan menargetkan untuk menjadi rumah produksi eSports terbesar di Indonesia. Hal ini pun direalisasikan dengan coverage livestream dari berbagai turnamen eSports untuk Dota 2 dan Mobile Legends di lokal maupun internasional.

BACA JUGA  Hal yang bisa dinantikan di Update Patch Mobile Legend Berikutnya

Mereka pun membuat beberapa macem konten diluar livestream yang menarik seperti tanya jawab, interview, challenge, dan lainnya. Sayangnya channel Youtube ini terlihat vakum dengan tayangan terakhir pada 9 bulan yang lalu.


8. LYTOGAMES

Coverage : Ragnarok, Rising Force, Idol Street 2, Perfect World 2, Rohan, CrossFire

LytoGames tentunya sudah menjadi pemain lama dalam hal game online di Indonesia, begitu juga channel Youtube mereka yang telah ada sejak 2012 dan tetap meng-cover turnament-turnament eSports dari game-game mereka yang berlangsung di Indonesia sejak jangan Ragnarok dan Idol Street (Ayo Dance). Kini channel ini masih tetap aktif untuk turnamen-turnamen yang didominasi oleh game FPS milik Tencent – Crossfire.

Di luar livestream channel ini juga mengunggah berbagai video menarik mulai dari highlight event, interview dengan para pemain eSports, talkshow, liputan, dan lain sebagainya.


9. AGe Network

Coverage : Vain Glory, PUBG, PES 2018

Channel youtube ini merupakan bagian dari AGe Network yang memang berfokus pada produksi Media, Streaming, dan eSport Exhibitor yang berbasis di Indonesia. Channel yang mereka miliki memang terhitung masih muda, dengan coverage utama di turnamen-turnamen eSport untuk game MOBA Vainglory. Mereka sendiri menjadi channel resmi yang menyiarkan Vainglory Premiere League di Indonesia. Diluar Vainglory channel ini juga mencover beberapa game lainseperti PUBG dan PES 2018.


Channel Khusus

Untuk list selanjutnya, akan berisi daftar channel-channel Youtube yang menyiarkan event-event maupun turnamen eSport secara spesifik di game tertentu. Beberapa channel juga merupakan channel resmi dari game-game yang dicover berikut.


10. Aerowolf Organizer

Coverage : PUBG

Satu lagi Event Organizer yang merambah ke dunia youtube, adalah Aerowolf Organizer. EO ini kini fokus bekerja sama dengan game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dan menjadi penyelenggara resmi untuk event-event turnamen PUBG di Asia Tenggara. Sehingga bila kamu tidak mau kelewatan event-event PUBG di Indonesia dan negara-negara sekitarnya, kelihatannya kamu wajib untuk menonton livestream dari channel ini. Sayangnya karena berfokus ke EO channel ini tidak memiliki konten lain diluar livestream.


11. MLBB LIVE

Coverage : Mobile Legends Bang Bang

Channel ini bisa dibilang baru untuk masalah livestreaming tentang Mobile Legends, terlepas dari akun yang telah dibuat sejak 2013. Mulai aktif melakukan livestream sejak 2 bulan lalu, channel MLBB LIVE ini terbilang sangat rajin dalam urusan coverage turnamen-turnamen Mobile Legends. Terutama untuk Turnamen Mobile Legends Profesional League (MPL).

Diluar livestream channel ini juga memiliki konten menarik seperti tips dan trik untuk Mobile Legends dan momen-momen lucu di dalam Mobile Legends.


12. Garena PB Indonesia

Coverage : Point Blank

Dari namanya tentu kalian sudah tahu bahwa ini merupakan channel resmi milik Garena untuk game Point Blank Indonesia, dimana channel ini secara rutin meng-cover livestream untuk turnamen-turnamen tingkat regional maupun nasional yang resmi diselenggarakan oleh Garena Indonesia.

BACA JUGA  Tanggal Perilisan Hero Baru Mobile Legend Akhirnya keluar, Setelah Hanzo Siapa lagi ya?

Selain livestream channel ini juga secara rutin mengunggah konten-konten menarik bagi para pemain PB seperti tutorial, tips dan trik, highlight dari event-event yang telah berlangsung, top plays, hingga main bareng.


13. Garena AOV Indonesia

Coverage : AOV indo

Sama seperti channel sebelumnya, Garena juga membuat channel resmi untuk game moba AOV.  Dan dalam channel inipun kamu bisa menemukan livestream dari turnamen-turnamen yang tengah berlangsung. Tidak terlalu jauh berbeda dengan channel Garena PB Indonesia sebelumnya. Untuk urusan konten diluar livestream, channel ini memiliki konten beragam mulai dari Top plays, analisis, Top funny series, turorial, guide, highlight event, dan lain sebagainya.


14. Garena League of Legends Indonesia

Coverage : League of Legends

Garena sendiri tidak pilih kasih terhadap game-game yang mereka miliki, terbukti untuk League of Legends pun memiliki channel resmi yang bisa terbilang masih tetap aktif hingga sekarang.  Dan channel  yang sudah ada sejak 2013 ini terus meng-cover event-event LoL yang berlangsung di Indonesia. Channel ini juga digunakan untuk menayangkan video-video promosi, pengumuman dari Riot Games, dan lain sebagainya.


15. Garena Free Fire Indonesia

Coverage : Free Fire

Game battle royale milik Garena pun tidak ketinggalan untuk urusan channel Youtube. Channel yang terbilang sangat muda ini yaitu baru dibuat 2018 ini terbilang sangat aktif untuk menahan gempuran game-game serupa yang tentunya juga aktif. Channel ini tentunya meng-cover livestream dari turnamen-turnamen yang dilaksanakan oleh Crossfire. Meskipun baru sedikit livestream yang dilakukan, kemungkinan channel ini akan terus aktif untuk kedepannya.


16. Indonesia Vainglory League

Coverage : Vainglory

Game MOBA Vainglory di Indonesia juga memiliki channel resmi khusus untuk liga milik mereka yaitu Indonesia Vainglory League. Sama seperti namanya channel ini berfokus pada coverage livestream dari turnament eSport khusus Indonesia Vainglory League. Memang tidak ada konten lain yang diunggah channel ini, dan siklus uploadnya mengikuti adanya event ini berlangsung. Namun bagi kamu yang menyukai Vainglory tentunya tidak ingin ketinggalan channel yang satu ini.


Itu tadi 16 Channel Lokal untuk Nonton eSports Rame-Rame di Youtube yang bisa kamu sambangi, tonton, maupun kamu bookmark. Perkembangan eSports sendiri terhitung sangat baik di Indonesia, begitu juga untuk urusan penyiaran yang juga semakin meningkat lewat channel-channel di atas. Dan tentunya kini kamu tidak kebingungan lagi untuk mencari channel untuk menonton event esport dari game-game favoritmu. Bila ada yang kami lewatkan, tuliskan di kolom komentar yak!


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+