Belum Dirilis, Playstation Pamerkan “Daleman” dari Playstation 5

in ,
Ps5 Teardown 1

Video hardware teardown atau bongkar hardware tentu menjadi salah satu yang seringkali dilakukan oleh para Youtuber tech dan gadget beberapa saat setelah suatu produk elektronik dirilis. Selain untuk mencari tahu secara teknis bagaimana perangkat tersebut dibangun, hal ini juga menjawab pertanyaan banyak orang awam yang mungkin penasaran bagaimana isi dalam suatu alat elektronik namun terlalu takut untuk membongkarnya sendiri.

Namun Sony kelihatannya mengikuti tren ini dengan cara yang berbeda, karena mereka sendirilah yang merilis video resmi bagaimana konsol terbaru mereka – Playstation 5 dibongkar hingga ke bagian paling dasarnya. Hal ini sendiri diunggah di Youtube lewat video berjudul “PS5 Teardown: An up-close and personal look at the console hardware”.

Dalam video berdurasi sekitar 7 menit tersebut, Playstation yang diwakili oleh Wakil Presiden Departemen Desain Mekanikalnya Yasuhiro Ootori melakukan tahapan-tahapan pembongkaran sembari memberikan detail-detail informasi penting dari PS5 sekaligus memberikan gambaran perbandingan ukuran dari konsol Playstation 5 ketika dipegang.

Ada beberapa detail menarik dari PS5 ini, mulai dari ukuran konsolnya yang kini berukuran jauh lebih bongsor dari PS4 pun akhirnya memberikan banyak benefit termasuk dalam bagaimana “daleman” dari konsolnya ini dibangun, plat sisi samping konsolnya yang ternyata mudah untuk dicopot (dengan kemungkinan untuk dimodifikasi juga lebih mudah).

Ps5 Teardown 2
Kover samping yang ternyata mudah untuk dilepas pasang

 

Hingga bagaimana dudukan unik dari PS5 bekerja yang ternyata bisa digunakan baik untuk posisi berdiri maupun tidur, bagaimana PS5 memiliki “lubang khusus” untuk membersihkan daleman konsolnya menggunakan penyedot debu, hingga 2 kipas besar di atas konsolnya yang menjamin bahwa PS5 nantinya akan jauh lebih hening.

Untuk bagian hardware-pun banyak hal menarik yang bisa diperhatikan seperti heat-sink berukuran besar (bahkan lebih besar daripada yang dimiliki Xbox Series X), slot untuk penyimpanan NVMe eksternal yang telah siap, hingga yang mungkin paling mengejutkan adalah penggunaan liquid metal sebagai pendingin prosesornya.

Playstation 5 sendiri memang hanya menunggu waktu hingga waktu perilisannya yang akan tiba bulan depan tepatnya pada 12 November untuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Jepang, Meksiko dan Koera Selatan. Sedangkan negara lain akan mendapatkannya pada 19 November.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Playstation 5 atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]