Desain Karakter Tifa Lockhart dari Masa ke Masa


Tidak bisa dipungkiri bahwa serial Final Fantasy garapan Square Enix, memiliki segudang karakter yang selalu nampak begitu keren, menawan dan seringkali memanjakan mata para pemainnya. Seperti Noctis aka babang tamvan dari Final Fantasy XV, Lightning dari trilogi Final Fantasy XIII, Squall dari Final Fantasy VIII, bahkan karakter antagonis seperti Sephiroth dari Final Fantasy VII.

Namun salah satu karakter yang tentunya menjadi favorit dan berhasil merebut hati banyak fans dari seluruh dunia adalah Tifa Lockhart dari Final Fantasy VII. Dan baru-baru ini dirinya kembali dengan tampilan lebih baru seperti yang terlihat dalam dalam Final Fantasy VII Remake, yang tentunya lebih menyegarkan mata berkat teknologi zaman now.

Karakter Tifa sendiri sudah berkali-kali muncul dalam beberapa game Final Fantasy lainnya, bahkan sempat juga muncul di game diluar Final Fantasy dengan desain yang berbeda-beda. Maka dari itu, agaknya menarik jika kita melihat perubahan yang terjadi pada karakter Tifa, terutama desain karakternya, dari masa ke masa.


Perlu diketahui bahwa Tifa Lockhart hadir dalam berbagai game Final Fantasy dan juga sebagai guest di beberapa game lainnya. Sehingga penulis hanya akan memasukkan game-game yang memang cukup dikenal secara global saja.


Artwork

Sebelum masuk pada desain ataupun tampilan dalam permainan, tentu ada baiknya untuk lebih dulu melihat artwork original yang lahir dari tangan para kreator Final Fantasy, yakni Tetsuya Nomura maupun Yoshitaka Amano.

Artwork resmi dari karakter Tifa sendiri menjelaskan bahwa memiliki rambut panjang berwarna cokelat kehitaman yang dikuncir pada bagian ujungnya. Tifa juga diresmikan miliki mata berwarna merah, walau memang ada beberapa yang memperlihatkannya berwarna kecokelatan. Kemudian yang tidak kalah penting, yakni tiga ukuran kewanitaannya (dada-pinggang-paha) pada angka 92-60-88 cm.

Pada versi Nomura yang kini jadi basis desain sang karakternya sendiri, Tifa mengenakan tank top putih, miniskirt ber-suspender hitam, sepatu boots merah, serta sarung tangan hitam merah dengan metal guard di siku kirinya untuk menghajar monster ataupun pria-pria mesum seperti kalian. Sedangkan versi Amano yang tentunya lebih memperlihatkan aspek karakteristik dari karakter-karakter Final Fantasy, menghadirkan Tifa dengan warna merah sebagai dominannya.

Artwork Tifa dari Tetsuya Nomura (Kiri) dan Yoshitaka Amano (Kanan)

Final Fantasy VII (1998)

Kamu yang lahir di tahun 80-90an dan sempat memainkan Final Fantasy VII original, tentu kamu menyadari bahwa tampilan berbagai karakter di dalamnya masih sangat terlihat poligon-poligonnya. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa disini Tifa sudah terlihat ‘bulat’ dan ‘brutal’, dalam cutscene, di luar ataupun di dalam battle.

Desain-nya sendiri tentu didasari dari Artwork besutan Tetsuya Nomura. Kemudian desain Tifa pada game Final Fantasy VII original ini juga menjadi basis desain untuk menghadirkan Tifa di game-game lainnya.

Battle (Kiri), In-Game (Tengah), Cutscene (Kanan)

Final Fantasy VII: Advent Children (2005)

Jika kamu tidak memainkan Final Fantasy VII originalnya, maka kemungkinan besar banyak dari kalian mengenal karakter Tifa dari film animasinya yang memiliki sub judul Advent Children keluaran tahun 2005.

Terdapat perbedaan yang cukup mencolok dari game aslinya. Pertama adalah rambutnya yang tidak lagi dikuncir pada bagian ujungnya, yang kedua adalah pakaiannya, dimana ia kini mengenakan rompi kulit berwarna hitam di atas tank top putihnya, miniskirt yang diganti menjadi celana pendek bermantel warna hitam, sarung tangan hitam, sepatu kets hitam putih, serta pita milik Aerith yang ia kenakan di lengannya.

Tifa di Advent Children

Sebagai informasi tambahan, Tifa yang muncul sekilas pada game Dirge of Cerberus: Final Fantasy VII (2006) juga terlihat mengenakan pakaian yang sama seperti di film Advent Children ini.


Final Fantasy VII: Crisis Core (2007)

Final Fantasy VII: Crisis Core yang rilis di tahun 2007 khusus PSP membawa kita ke masa sebelum kejadian Final Fantasy VII original berlangsung. Dalam game ini, kita bisa melihat Cloud Strife yang masih cupu, serta Tifa yang masih seperti gadis desa.

Pada Crisis Core, Tifa memiliki desain karakter yang tampil seperti cowgirl. Ia mengenakan korset berwarna putih campur abu-abu, rompi dan rok dominan oranye, serta sepatu dan topi ala koboi. Sebagai informasi tambahan, pada game Before Crisis: Final Fantasy VII (2004), Tifa memiliki desain yang kurang lebih sama namun terlihat lebih simpel.

Tifa di Crisis Core

Dissidia 012 Final Fantasy (2011)

Game lainnya yang hadir khusus untuk PSP, Dissidia merupakan game spin-off bertemakan fighting yang menghadirkan hampir semua karakter penting dari seluruh serial Final Fantasy. Dissidia 012 merupakan lanjutan dari Dissidia yang rilis di tahun 2008.

Pada game spin-off ini, Tetsuya Nomura menghadirkan Artwork baru untuk semua karakter Final Fantasy di dalamnya, begitu juga dengan Tifa. Desain baru tersebut juga didasari dari desain Artwork Tifa yang pertama kali muncul di Final Fantasy VII original.

Dalam gamenya, Tifa menggunakan pakaian versi Final Fantasy VII original sebagai default kostumnya. Namun terdapat juga kostum tambahan lainnya dari Advent Children, Crisis Core,  serta versi Yoshitaka Amano.

Artwork (Kiri), Default Outfit (Tengah), Alternate Outfits (Kanan)

Dissidia NT (2015)

Dissidia NT merupakan game lanjutan dari Dissidia 012. Pada game kali ini, Tifa hadir sebagai karakter DLC yang baru dirilis pada 2019 lalu. Tampilannya pada game ini merupakan yang terbaik dari semua game yang ia datangi, sebelum terkena ‘nerf’ di Final Fantasy VII Remake.

Sama seperti Dissidia 012, Tifa tetap menggunakan pakaian dari Final Fantasy VII original sebagai kostum default-nya. Kemudian terdapat juga kostum dari Advent Children, namun kali ini dengan sarung tangan berwarna merah. Terdapat juga variasi warna untuk kostum default-nya maupun kostum Advent Children-nya.

Default Outift (Kiri), In-Game (Tengah), Advent Children Outfit (Kanan)

Satu fakta menarik terkait game ini adalah ketika Tifa pada Final Fantasy VII Remake dikabakar terkena ‘nerf’ pada tubuh seksinya, sutradara Dissidia NT justru memanfaatkan momen tersebut untuk menyatakan bahwa Tifa tetap akan ‘berguncang’ pada game fighting ini.


Mobius Final Fantasy (2015)

Pada game Mobius Final Fantasy ini Tifa justru kurang terlihat menawan dan malah terlihat kentang dalam permainannya. Walau memang game ini hadir difokuskan untuk platform iOS dan Android, setidaknya menghadirkan sosok Tifa yang tetap memanjakan mata adalah suatu keharusan.

Tifa hadir sebagai Ultimate Hero yang baru dirilis pada tahun 2018, dimana ia hadir mengenakan pakaian versi Advent Children. Selain itu, hadir juga Job Card bernama Avalance Heroine, dimana karakter Sophie dapat mengenakan kostum Tifa versi Final Fantasy VII original.


Final Fantasy Brave Exvius (2015)

Dalam Final Fantasy Brave Exvius, Tifa hadir sebagai salah satu Vision dari Final Fantasy VII. Tifa hadir dalam bentuk sprite yang menggunakan desain kostum dari Final Fantasy VII original.


World of Final Fantasy (2016)

Jika serial Pokemon bergabung dengan Final Fantasy mungkin analogi yang cukup tepat dalam mendeskripsikan World of Final Fantasy. Namun selain memanggil monster untuk bertempur, game ini juga bisa memanggil para Hero berbentuk chibi dari berbagai serial Final Fantasy lainnya sebagai Champion Summon, salah satunya adalah Tifa.

Desain Tifa pada game ini mengangkat kembali pakaian yang ia kenakan saat Crisis Core. Walau memang Tifa tidak lagi terlihat seksi pada game ini, versi chibi-nya sendiri tentu terlihat sangat lucu dan menggemaskan.


Dissidia Final Fantasy Opera Omnia (2017)

Walau mengusung nama Dissidia, Opera Omnia yang rilis khusus platform iOS dan Android ini hadir sebagai game JRPG namun disertai dengan beberapa elemen khas dari Dissidia.

Dalam game ini, Tifa memiliki desain dan Artwork yang sama dari game-game Dissidia, namun hadir dengan tampilan yang bisa dikatakan lebih lucu untuk menyesuaikan dengan pasar game mobile.

Tifa di Opera Omnia

Final Fantasy VII Remake (2020)

Walau memang gamenya sendiri belum rilis (sekitar sebulan lagi saat artikel ini ditulis), kita sudah secara sekilas menyaksikan karakter Tifa yang akan kembali beraksi jadi tukang pukul dalam Final Fantasy VII Remake.

Sekilas, desain pada game Remake ini membuat Tifa terlihat lebih muda dan semakin mendekati Artwork yang dibuat oleh Nomura. Basis pakaiannya sendiri tidak berbeda jauh dengan versi Final Fantasy VII original, dimana kali ini ia mengenakan tambahan sports bra berwarna hitam demi ‘guncangan’ yang tidak berlebihan, sarung tangan hitam dengan vambrace merah, serta stoking hitam sepaha.

Tifa di Final Fantasy VII Remake

Kingdom Hearts 2 (2005)

Tidak hanya di serial Final Fantasy, Tifa juga tentunya pernah mampir ke game Square Enix lainnya, yakni Kingdom Hearts 2. Tifa tentunya tidak hadir sebagi playable character, melainkan sebagai salah satu boss di Hades Paradox Cup.

Dalam Kingdom Hearts 2, Tifa mengenakan pakaian versi Advent Children dan memiliki desain ala karakter-karakter Kingdom Hearts yang terlihat lebih seperti kartun barat. Well, hal tersebut tentunya karena Kingdom Hearts merupakan kolaborasi antara Square Enix dan Disney.

Tifa di Kingdom Hearts 2

Nah, dari semua desain karakter Tifa yang ada, kira-kira mana yang jadi favoritmu? Penulis sih pastinya lebih doyan dengan Tifa versi Dissidia NT karena miliki ‘guncangan’ hebat. Share pilihanmu dan alasannya di kolom komenar ya brott!

<