[First Impression] Hearthstone: Trial by Felfire Solo Adventure

in , , , ,
Cover Hs
Cover Hs

Baru-baru ini Hearthstone telah meluncurkan Solo Adventure mereka yang terbaru, Trial by Felfire sebagai bagian dari Event 4 Minggu yang berlangsung sebagai pengganti event Midsummer Festival yang biasanya berlangsung pada bulan Juni dan Juli setiap tahunnya. Berbeda dari Solo Adventure yang biasanya ditawarkan Hearthstone, kali ini seluruh Chapter yang ada di dalamnya gratis dan bisa diakses oleh seluruh pemain tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Setelah sebelumnya disuguhkan dengan trilogi petualangan dari League of Explorer, Solo Adventure kali ini  bukan kelanjutan langsung dari Solo Adventure sebelumnya dan telah membawa seorang karakter baru, Aranna Starseeker.

Image1
Aranna Starseeker sebelum menjadi Demon Hunter

“Bukannya Aranna Starseeker ini Alternate Hero Demon Hunter ya? Kok portraitnya di adventure beda dengan Alternate Hero Demon Hunter?” Mungkin pertanyaan ini akan muncul ketika pertama kali memulai Solo Adventure Trial by Felfire.

Solo Adventure Trial by Felfire membawa kita dalam perspektif dari Aranna Starseeker, adik dari Elise Starseeker dalam petulangannya mencari jati dirinya dan membuktikan dirinya bisa bersaing dengan kakaknya, yang secara “tidak sengaja” membawanya menjadi seorang Demon Hunter, Terdengar familiar?. Ya, dorongan Aranna untuk mencari jati diri dan membuktikan dirinya lebih baik daripada kakaknya, ditambah dengan perjalanannya menjadi Demon Hunter, sangat mirip dengan kisah dari Illidan Stormrage (Hero terbaru dari Hearthstone). 

Image3
Main Page dari Solo Adventure Trial by Felfire

Aranna bertualang menjelajahi outland dan bertemu dengan para Rusted Legion, sekumpulan Demon yang memiliki augumentasi mekanik untuk meningkatkan kekuatan mereka dan dipimpin oleh Mecha Jaraxxus. Dari awal chapter, Aranna langsung dipertemukan dengan salah satu anggota dari Rusted Legion yang ingin merekrutnya, namun Aranna menolak karena merasa ada yang janggal dengan mereka. Aranna pun memulai investigasinya pada Rusted Legion, dan menemukan teman-teman baru selama perjalanannya, yang mana mereka akhirnya sepakat untuk melanjutkan perjalanan mereka menuju Black Temple, tempat tinggal Illidan, guna meminta pertolongan untuk menghentikan Rusted Legion. Merek lalu diperkenalkan dan diajarkan teknik-teknik Demon Hunter untuk dapat mereka pakai dalam melawan Rusted Legion dan mengalahkan Mecha Jaraxxus. 

Untuk Solo Adventure kali ini terasa lebih singkat karena Mode nya yang mirip dengan Galakrond Awakening, dimana setiap battlenya kita disuguhkan dengan preconstructed deck, tanpa ada penambahan atau pengurangan kartu untuk melakukan upgrade pada deck untuk setiap chapternya seperti pada Solo Adventure Rise of Shadow atau Savior of Uldum. Overall PVE experiencenya juga terasa lebih tawar karena pada adventure-adventure sebelumnya kita selalu disuguhkan dengan banyak Adventure Exclusive Card yang sangat kuat dan sangat menyenangkan untuk dipakai selama Adventure. Ditambah lagi dengan tidak adanya pilihan untuk menggunakan karakter lain dalam menjalankan adventurenya, yang mengurangi opsi variasi dan membuat replayability dari adventure ini tidak ada.

Image2
I kinda miss using this card in Solo Adventure

Namun, Apakah adventure kali ini mengecewakan? Menurut saya tidak. Adventure kali ini merupakan salah satu single player content yang paling memuaskan. Seperti yang kita tahun, Expansi  Ashes of Outland dan Year of the Phoenix secara keseluruhan merupakan sebuah “Welcome Back Expansion” untuk menyambut kembali para player lama yang ingin kembali memainkan Hearthstone dan “Welcoming Expansion” untuk mengundang para pemain baru, terutama dari kubu pemain World of Warcraft. Trial of Felfire merupakan sebuah Fanservice yang sangat kuat dan sangat besar untuk saya, dan saya rasa hal ini juga dirasakan oleh para pemain Hearthstone lama dan para penggemar kisah-kisah Warcraft. 

Image5
Malfurion is the WORST

Sangat banyak throwback dan smart punchline pada lore Warcraft yang membuat pengalaman memainkan Solo Adventure ini menjadi sangat segar dan menyenangkan. Blizzard juga kembali memperlihatkan kemampuan mereka dalam mengolah dan menyajikan kata dengan melemparkan rhymes pada setiap kalimat perkenalan dalam Solo Adventure kali ini. Banyak juga pun yang subtle maupun tidak subtle yang mengundang tawa pada atmosfir Solo Adventure yang cuku serius kali ini.

Image4
Kinda wondered how much effort does blizzard put to make everything rhymes in this adventure.

Walau terlihat negatif, tidak adanya pilihan untuk menggunakan karakter lain ataupun melakukan upgrade pada deck merupakan hal positif mengingat fungsi expansi ini untuk membawa kembali pemain lama dan mengundang para pemain baru terutama dari golongan pemain World of Warcraft. Solo Adventurenya menjadi simple dan lebih gampang untuk dimengerti dan diselesaikan, tanpa harus memiliki pengetahuan atau skill yang tinggi dalam meracik deck atau memainkan Hearthstone.

Overall, saya merasa Solo Adventure kali ini merupakan sebuah solo adventure yang harus dimainkan oleh semua pemain Hearthstone karena kualitas dan fanservice yang dibawanya. Pengalaman yang dibawa Solo Adventure kali ini terasa sangat refreshing dan tidak terasa sebagai sebuah chores karena tingkat kesulitannya yang cukup mudah tetapi tetap menantang dan  tidak ada yang harus dimainkan berulang-ulang kali.


Terakhir, jangan lupa untuk ikutan Felfire Video Contest yang diadakan oleh Gamebrott dan Blizzard untuk mendapatkan kesempatan dapat Bundle Aranna Starseeker dan juga Tavern Pass. Detail lengkapnya ada di bawah yaa. Kalo udah siap langsung masukin video kamu disini:

? Let The Contest Begin!! ?.Perburuan dimulai, dan kini kamu sudah bisa mulai mengunggah video gameplay-mu disini:…

Posted by Gamebrott on Thursday, 18 June 2020

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact at [email protected]