12 Game Open World Terbaik di Sepanjang Tahun 2018

spiderman 1280 1526502095668 1280w

Open world menjadi salah satu genre video game yang cukup diminati oleh banyak orang. Pesonanya yang mungkinkanmu untuk mengeksplorasi dunianya, akan bangkitkan hasrat petualangmu dan mengembangkannya dengan tidak melewatkan apapun yang disediakan developer untuk kamu jelajahi dan temukan. Berbeda dengan sandbox yang mungkinkanmu eksplorasi satu area saja, open world mampu berikanmu kesempatan untuk lakukan eksplorasi di banyak area.

2018 menjadi salah satu saksi akan kebangkitan banyaknya game open-world yang janjikan fitur lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Namun, di antara game-game tersebut, manakah yang terbaik? Berikut kami telah merangkumnya.

12. Far Cry 5


Berbeda dari petualangan di pulau tanpa penghuni, FarCry 5 mungkinkanmu eksplorasi dunia fiksi Hope County yang ada di Montana untuk melawan sebuah organisasi ajaran sesat. Seri kelimanya merupakan seri pertama yang tak berikanmu “bantuan”. Mulai dari mini-map yang dihilangkan, radio tower yang absen, dan kamu akan ditinggal sendirian di dunia yang penuh dengan orang-orang dan binatang jahat termasuk kalkunnya yang luar biasa kuat.

Meski terlihat sama saja dan terjadi masalah optimisasi untuk versi PC-nya, namun gamenya didesain dengan cukup baik. Kamu bisa membaca review kami untuk tahu lebih dalam tentangnya.

11. Assassin’s Creed Odyssey


Siapa sangka bahwa elemen ngga assassin banget dari Odyssey bisa menjadi salah satu elemen terbaik yang pernah dihadirkan Ubisoft? Melanjutkan apa yang pernah dihadirkan Origins, Odyssey ceritakan Alexios atau Cassandra dan hubungan mereka di peperangan Polinesia. Kamu bisa memilih salah satu di antara tiga spesialisasi: hunter, warrior, atau assassin. Dengan cerita yang bercabang dan ending yang berbeda, Ubisoft berhasil hadirkan beberapa elemen RPG lengkap dengan open-world hingga naval battle-nya yang menarik. Kamu bisa membaca review kami untuk mengetahui sejauh mana gamenya berubah.

10. The Crew 2


Oke, saya tahu ini game racing, tapi memang tak bisa dipungkiri bahwa ia menjadi salah satu game yang dipoles dengan sangat baik tahun ini, at least pada sistem open-worldnya. Meskipun banyak yang mencemooh ia sangat bekerja keras untuk menyamai Forza Horizon, namun fakta bahwa pergantian kendaraan darat, laut, dan udara bisa eksplorasi dunianya dengan sangat baik tak bisa terelakkan.

9. The Forest


Setelah masuki masa early access selama tiga tahun, The Forest akhirnya masuki versi 1.0 yang dirilis tahun ini. Game survival horror ini akan bawamu ke hutan misterius yang penuh makhluk mutasi dan misteri lain. Tujuanmu? Bertahan hidup. Oleh karenanya kamu perlu membuat peralatan dan markasmu sendiri. Untuk membuat pengalamanmu lebih menarik lagi, kamu bisa mengajak temanmu untuk main bareng demi menumpas para makhluk kanibal di penjuru hutan. Pertanyaannya: berapa lama kamu bisa bertahan hidup?

8. Subnautica


Game eksplorasi open-world yang satu ini bisa dibilang kayak No Man’s Sky versi bawah laut. Dunia Subnautica terdiri dari lautan dalam yang belum pernah dieksplorasi sama sekali, indah, dan seram dalam waktu yang bersamaan. Fitur free dive mungkinkanmu eksplorasi lautan yang indah namun mencekam dengan berbagai ancamannya. Kamu juga bisa membangun markasmu sendiri untuk ditinggali dan bertahan hidup dengan cara memanage oksigen. Penasaran seperti apa gamenya? Kamu bisa membaca review kami untuk tahu seperti apa pengalaman indah namun mencekam dalam game ini.

7. Ni no Kuni II: Revenant Kingdom


Hadir dengan cerita yang mudah dipahami, Ni no Kuni II Revenant Kingdom berikan sensasi JRPG klasik yang memuaskan. Meski tak miliki banyak sesuatu yang berbeda dengan game JRPG lawas, namun kenyataan akan character questnya yang harus kamu cari sendiri di berbagai penjuru dunianya yang indah, buat ia tak hanya menarik dari segi cerita, namun juga eksplorasi. Kamu bisa mengetahui detil lebih lanjut tentang gamenya melalui review kami.

6. Forza Horizon 4

https://www.youtube.com/watch?v=zJ477xAIlgU


Forza Horizon 4 mungkin adalah game racing open-world terbaik untuk saat ini. Desain dunianya yang luas lengkap dengan perubahan empat musim dan cuaca yang terjadi secara real-time mungkinkanmu tak hanya eksplorasi, namun juga berbagi bersama player lain dengan fitur shared-world terbarunya. Namun perlu diingat, game eksklusif Microsoft tersebut masih game balap yang artinya kamu harus tetap menyelesaikan balapan dengan lewati garis finish.

5. Just Cause 4


Janjikan ledakan dan kehancuran yang lebih gila dari seri sebelumnya, Just Cause 4 hadir dengan sensasi ala Michael Bay yang lebih sadis. Beberapa trik baru dan fitur cuaca yang bisa menghancurkan apapun yang diterjangnya, mungkinkanmu tak hanya untuk mengeksplorasi dunianya yang luas nan indah, namun juga berikannya “keadilan” dengan kehancuran.

4. Kingdom Come: Deliverance


Kingdom Come: Deliverance sekilas memang mengingatkan kita pada Skyrim, namun tanpa adanya elemen fantasy sama sekali. Game yang digarap dengan the allmighty CryEngine ini sajikan realisme peperangan zaman kerajaan Eropa ratusan tahun silam. Dibalut dengan dunia open-worldnya yang indah, kamu akan dipaksa untuk bersabar untuk lakukan grinding hingga ratusan jam permainan. Detil gamenya yang lebih dalam bisa kamu baca melalui review kami.

3. Divinity Original Sin 2 Definitive Edition


Sempat menjadi game RPG terbaik di PC tahun lalu, versi Definitive Edition dari Divinity Original Sin 2 tambah pengalaman bermainmu menjadi lebih sempurna. Tak ada yang menyangka bahwa game sebagus ini dibuat oleh developer indie dan bukan sekelas game AAA. Tidak seperti game RPG kebanyakan, game bergenre CRPG (Computer Role Playing Game) ini hanya akan berikanmu clue untuk menyelesaikan quest yang harus kamu cari sendiri di dunianya yang sangat luas. Kamu bisa melakukan apapun di dalam dunianya, termasuk membunuh NPC tak berdosa yang mungkin kamu anggap mengganggu. Desain turn-based combatnya yang sangat menantang hingga ceritanya yang penuh misteri dan puzzle bisa kamu pelajari lebih lanjut melalui review kami.

2. Marvel’s Spider-Man


Insomniac Games sepertinya berikan standar baru game superhero dengan Marvel’s Spider-Man. Desain dunianya yang luas, lengkap dengan gedung-gedung tinggi, mungkinkanmu jelajahi dunianya seperti Spider-Man sungguhan. Gerakan combonya yang dibuat luwes, cepat, dan gesit makin menambah keseruan permainannya.

1. Red Dead Redemption 2


Kemungkinan adalah game open-world terbaik tahun ini. Pengalaman Rockstar selama lebih dari 10 tahun buat mereka tahu apa saja detil yang harus mereka sajikan di dunia Red Dead Redemption 2. Mulai dari mayat yang bisa membusuk dan dimakan burung pemakan bangkai, hingga dunianya yang didesain dengan sangat baik lengkap dengan pemandangan indahnya, menjadikannya standar baru dalam genre open-world. Penasaran dengan gamenya? Mungkin review kami bisa membantu.

Itulah 12 game open world terbaik versi kami tahun 2018, apakah kamu sudah pernah memainkannya? Atau, mungkin kamu miliki daftar game lain? Seperti biasa, kamu bisa cantumin pendapatmu di komentar. Kamu yang ingin membaca artikel kayak gini biar tambah pinter di industri video game bisa mengunjungi link berikut.

Exit mobile version