Rakit PC Sesuai Spesifikasi Resmi PS5, Worth kah?

in , , , ,

Spesifikasi untuk PS5 maupun Xbox Series X sudah muncul, meskipun ada sedikit perbedaan diantara keduanya namun bisa dibilang keduanya memiliki spesifikasi yang cukup mirip. Konsol next-gen ini tentunya membawa spesifikasi yang jauh lebih tinggi untuk menunjang lompatan teknologi yang mulai diterapkan oleh game-game masa kini. Sebut saja fitur ray-tracing, resolusi 4K bahkan 8K, refresh rate 120 Hz hingga 120 fps, dll

Lalu bagaimana bila kita membuat rakitan PC dengan spesifikasi yang sama dengan spesifikasi konsol next-gen tersebut. Mungkin memang tidak tepat apple-to-apple namun setidaknya mungkin kita bisa mendapat gambaran berapa yang harus dibayar dan komponen apa saja yang digunakan.


Processor:  AMD Ryzen 7 3700X

Baik Playstation 5 maupun Xbox Series X dikatakan akan menggunakan CPU milik AMD Zen 2 dengan spesifikasi 8 core dan kecepatan clock  3,5 GHz. Meskipun tidak jelas apakah kecepatan 3,5 GHz tersebut adalah kecepatan maksimal (boosted) atau kecepatan dasar maka varian processor yang mendekati spesifikasi tersebut dan telah dijual bebas adalah AMD Ryzen 7 3700X.

Processor Ryzen ini sendiri sama-sama mengusung arsitektur AMD Zen 2, dengan 8 Core dan juga kecepatan dasar 3,6 GHz. Hal ini menyebabkan bahwa AMD Ryzen 7 3700X ini masih bisa dipacu hingga 4,4 GHz bila memang diinginkan. Sedikit overkill namun mengingat processor di Playstation hanya akan berfokus dalam membantu GPU mengolah game sedangkan di PC memiliki banyak tugas, kelihatannya pilihan ini masuk akal.


GPU: MSI Radeon RX 5700 MECH OC

Ketika mencari opsi untuk processor masih bisa dicari dengan mudah, maka hal yang akan lebih tricky adalah ketika kita harus mencari opsi untuk pengolah grafis alias GPU. Karena Playstation 5 sendiri menggunakan kartu grafis kostum dari AMD yang membawa arsitektur RDNA 2 dengan performa 10.28 TFLOPs, memori 16GB GDDR6, 36 CUs at 2.23GHz.

Sebenarnya tidak ada opsi yang benar-benar sama dengan performa GPU kostum tersebut. Namun pilihan yang mendekati adalah AMD Radeon RX 5700 Perbedaannya sendiri ada di arsitektur yang masih generasi pertama RDNA, memori yang hanya 14 GB, dan juga performa pasti yang sulit dibandingkan karena GPU di konsol yang dihitung dengan unit Tera Flops atau TFLOPs.


Penyimpanan: Gigabyte AORUS NVMe Gen4 SSD 1TB

Salah satu revolusi yang dibawa oleh konsol-konsol next-gen ini adalah digunakannya SSD sebagai penyimpanan yang menjanjikan kecepatan data transfer super cepat. Namun perlu diingat bahwa SSD yang nantinya digunakan memiliki kecepatan 5 GB/detik dan berukuran 1TB. Sehingga tentu tidak seimbang bila dibandingkan dengan rata-rata SSD yang digunakan oleh banyak pengguna PC

Tidak banyak pilihan untuk SSD dengan kecepatan super tersebut. Dan salah satu opsi yang tersedia adalah Gigabyte AORUS NVMe Gen4 SSD 1TB yang kurang lebih mampu mencapai kecepatan transfer yang setara dengan yang dijanjikan oleh PS5 nanti. Sayangnya karena SSD dengan performa dan ukuran ini masih jarang, maka sektor SSD ini menjadi salah satu yang membuat daftar harganya membengkak.


RAM: Corsair Vengeance LPX DDR4 (2×8 GB)

Salah satu perbedaan sistem yang digunakan di konsol dan di PC adalah konsol tidak memerlukan RAM terpisah untuk menjalankan sistemnya, sehingga konsol cukup menggunakan RAM yang ada pada kartu grafisnya untuk menjalankan sistem CPU maupun GPU-nya. Sistem ini sendiri membuat kinerja RAM lebih maksimal untuk pengolahan grafis, namun sedikit buruk dalam proses sistem oleh CPU.

Sedangkan PC sendiri tidak dapat berjalan bila tidak memiliki RAM terpisah. Meskipun di kartu grafis mereka juga menggunakan memori yang kurang lebih sama. Sehingga untuk memenuhi sistemnya dipilih RAM Corsair Vengeance LPX 16 GB yang tentunya menjadi pilihan paling optimal karena pada saat bermain game pun yang banyak bekerja adalah RAM dari kartu grafis.


Motherboard: Gigabyte X570 UD

Untuk motherboard, Playstation 5 pastinya akan menggunakan motherboard kostum khusus mereka sendiri yang diproduksi oleh Foxconn. Motherboard ini sendiri akan sangat basic dan tanpa banyak ruang untuk modifikasi dan juga upgrade. Berbeda dengan PC yang menggunakan motherboard dari banyak vendor dengan keunggulan masing-masing.

Dan untuk mengimbangi part-part tingkat tinggi di atas, terutama untuk SSD super cepat yang memang membutuhkan slot PCI-E 4.0 untuk dapat bekerja. Maka pilihannya jatuh pada motherboard X570. Dan varian paling ekonomis namun tidak menumbalkan kualitas dan performa jatuh pada Gigabyte X570 UD untuk menjalankan semua komponennya.


PSU: Seasonic Focus Plus Gold FX-550

Power Supply mungkin menjadi salah satu part yang belum diketahui dari Playstation 5. Namun untuk Playstation 4 maupun Xbox One menggunakan power supply berukuran 250 watt. Sehingga kemungkinan konsol next-gen Playstation 5 akan menggunakan power supply dengan besar yang kurang lebih sama.

Berbeda dengan PC, yang mana komponen yang harus diangkat lebih banyak dan lebih besar, maka dengan spesifikasi di atas membutuhkan setidaknya PSU berukuran 500 watt. Dan untuk build ini kami memilih untuk menggunakan power supply merk Seasonic tipe Focus Plus Gold 550 watt agar distribusi listrik ke komponen-komponen yang ada bisa tersalurkan dengan baik.


Joystick: Nacon Pro Controller 2 Revolution

Konsol next gen nantinya pasti memasukkan joystick ke dalam paket penjualannya. Dan desas-desus kehadiran kontroler baru untuk PS5 yaitu DS5 sudah sangat ramai dibicarakan. Apalagi dari info yang tersebar banyak yang mengatakan bahwa kontroler baru ini akan memiliki layar sentuh di tengahnya, serta tombol tambahan di bawah yang bisa di utilisasi.

Sedangkan di PC pilihan untuk seperti itu hampir tidak ada. Dan mungkin pilihan paling cocok adalah Xbox One Elite controller, yang memang kompatibel sempurna dengan PC. Namun dengan harga yang super mahal kami tidak akan merekomendasikannya dan lebih memilih Nacon Pro Controller 2 yang lebih murah namun memiliki tombol yang kurang lebih sama dengan kontroler Xbox One Elite. Dan dengan tambahan ‘touch pad’ ala joystick PS4 yang mungkin akan kamu sukai.


OS: Windows 10 Home 64-bit

Satu hal yang mungkin banyak dilewatkan oleh orang-orang adalah sistem operasi alias OS. Dimana konsol seperti Playstation dan Xbox tentunya sudah mencakup OS yang sudah tertanam dan tinggal digunakan dengan mudah. Namun OS ini sendiri memang memiliki fungsi yang terbatas dan mayoritas tentunya adalah untuk menjalankan game, dengan beberapa fitur lain seperti menjalankan browser atau aplikasi lain.

Sedangkan di PC, untuk memainkan game tentunya membutuhkan OS terbaru yang paling banyak mendukung game-game terkini (dan nanti) yaitu Windows 10. Dan tentunya untuk menjalankan game kelihatannya kamu cukup membeli Home edition agar bujet yang ada tidak terlalu membengkak semisal menggunakan Windows 10 Pro.


Total Bujet PC Station

Dan bila kita menghitung semua komponen yang ada di atas, yang menyesuaikan dengan spesifikasi di atas kertas dari Playstation 5 maka berikut adalah total dana yang harus kamu keluarkan. Harga di bawah adalah harga rata-rata online dan mungkin bervariasi dari toko dan daerah dimana kamu berada.

Komponen
Barang
Harga
Processor  AMD Ryzen 7 3700XRp 5.800.000
GPU MSI Radeon RX 5700 MECH OCRp 5.500.000
PenyimpananGigabyte AORUS NVMe Gen4 SSD 1TBRp 4.300.000
RAM Corsair  Vengeance LPX DDR4 PC21000 16GB (2x8GB)Rp 1.550.000
Motherboard Gigabyte X570 UDRp 3.100.000
PSU Seasonic Focus Plus Gold FX-550 (550 watt)Rp 1.200.000
Joystick Nacon Pro Controller 2 RevolutionRp 1.550.000
OSWindows 10 Home 64-bitRp 1.500.000
TOTAL
Rp 24.500.000

Dan ternyata bujet yang dibutuhkan untuk membangun satu unit PC sebagai pesaing Playstation 5 benar-benar membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Apalagi racikan di atas adalah komponen dasar dan belum mencakup komponen pelengkap lain sebut saja Casing, yang mungkin bisa kita bujetkan sebanyak Rp 500.000 agar totalnya genap menjadi Rp 25.000.000.

Itupun belum termasuk berbagai komponen lain seperti kipas casing, liquid cooling untuk processor, bahkan mouse dan keyboard juga. Hal ini tentunya membuat price point yang ditargetkan oleh Sony untuk Playstation 5 nantinya akan jauh di bawah PC. Bahkan bisa menyentuh separuh atau sepertiga dari bujet yang harus kamu keluarkan untuk PC.

Namun kembali lagi ke fungsi utama, apakah kamu membangun PC tersebut memang 100 % untuk bermain game seperti di konsol atau akan kamu gunakan untuk keperluan lain seperti kerjaan, project, tugas, dlll. Sembari menunggu Sony mengeluarkan harga dari PS5 yang mana mungkin kita bisa buat rakitan PC paling optimal dengan harga PS5 bagaimana menurut kalian tentang PC dengan spek PS5 ini?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Playstation 5 dan Xbox Series X atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at galihka@gamebrott.com

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at galihka@gamebrott.com