12 Cameo Stan Lee Sepanjang Sejarah Video Game Marvel

stanlee

Berita meninggalnya Stan Lee tentunya menjadi salah satu yang mengejutkan bagi para pecinta komik dan film,terutama bagi mereka yang menyukai atau bahkan mencintai Marvel. Bapak Marvel ini tentunya paling sering muncul untuk menjadi cameo dalam film, serial, atau bahkan animasi yang dibuat oleh Marvel. Saking ikoniknya, kehadiran Stan Lee bisa dianggap sebagai easter egg terbesar dalam franchise Marvel.

Stan Lee pun tidak ketinggalan untuk menjadi cameo di game-game buatan Marvel, dan bukan hanya dari game Insomniac’s Spiderman saja. Stan Lee telah menjadi cameo untuk game-game Marvel sejak awal. Dan terbilang sangat sering muncul dalam berbagai karakter. Kami sudah merangkum 12 Cameo yang telah dilakukan Stan Lee sepanjang sejarah video game Marvel yang bisa kamu langsung cek di bawah ini. Apakah kamu menyadari kehadiran Stan Lee di dalam game-game Marvel yang kamu mainkan ini?


1. Spider-Man (2000) – Narator (Diri Sendiri)

Stan Lee memulai debut cameonya di dalam video game di game perdana Spider-Man di tahun 2000. Dan setelahnya seperti menjadi sebuah tradisi bahwa Stan Lee akan muncul di game-game Spider-Man selanjutnya. Namun sebelum menjadi cameo seorang karakter, dalam game ini Stan Lee bersembunyi sebagai narator yang akan menjelaskan karakter-karakter milik Marvel dalam costum dan character viewer.


2. Spider-Man 2: Enter Electro (2001) – Narator

Seperti yang kami katakan sebelumnya, di game kedua Spider-Man ini pun Stan Lee kembali menjadi cameo dan lagi-lagi bersembunyi sebagai narator dalam costume dan character viewer. Sama seperti sebelumnya, kamu tentu dengan mudah mengenali suara legendaris sang kreator yang seakan menjelaskan tiap-tiap hasil karya miliknya.


3. Marvel: Ultimate Alliance 2 (2009) – Senator Lieber

Penampilan perdana Stan Lee secara visual dalam video game Marvel dimulai dari game Marvel: Ultimate Alliance 2. Dimana ia menyamar menjadi Senator Lieber yang nantinya akan berinteraksi dengan karakter apapun yang kalian gunakan dalam game ini setelah menyelamatkan dirinya. Uniknya Stan Lee memiliki dialog-dialog unik yang menyesuaikan karakter-karakter superhero yang tengah digunakan.


4. Marvel Super Hero Squad (2009) – Mayor of Superhero City

Tidak lama setelah menjadi senator, Stan Lee kembali masuk ke dalam video game untuk menjadi Mayor dari Superhero City di game Marvel Super Hero Squad. Game yang merupakan adaptasi dari serial kartun ini tentunya tidak akan meninggalkan Stan Lee untuk memerankan mayor yang sangat peduli terhadap masa depan kota miliknya, dan membenci ketika penjahat super menyerang.


5. Spider-Man: Shattered Dimensions (2010) –  Narator

Setelah kemunculannya di dalam dua game, Stan Lee akhirnya memutuskan kembali ke balik layar video game dengan menjadi narator untuk game Spider-Man: Shattered Dimensions. Namun di game ini ia tidak hanya menjelaskan tentang kostum atau karakter saja, melainkan seluruh game ini dijelaskan oleh Stan Lee. Bila kamu ingin tahu bagaimana bila Spider Man dikisahkan oleh Stan Lee langsung kamu harus memainkan game ini.


6. Marvel Origins (2012) – Narator (Diri sendiri)

Stan Lee juga tidak ketinggalan untuk menjadi cameo di game mobile milik Marvel – Marvel Origins. Namun uniknya di sini Stan Lee tampil dalam wujud kartun yang menyesuaikan style dari gamenya. Sebagai narator, Stan Lee akan menemani para pemain dalam pengenalan para super hero sekaligus mengajak para pemain memainkan permainan sederhana dalam gamenya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.


7. The Amazing Spider-Man (2012) – Diri sendiri

Bila membicarakan cameo Stan Lee paling keren di dalam video game maka mungkin kemunculannya di dalam game adaptasi The Amazing Spider-Man merupakan yang paling keren. Karena bukan sekedar muncul sebagai figuran atau dalam cut scene, di sini Stan Lee merupakan DLC karakter yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti Spider Man di dalam gamenya dalam berayun di antara perkotaan New York.


8. Lego Marvel Super Heroes (2013) – Diri sendiri

Dalam Game Lego Marvel Super Heroes, Stan Lee juga mendapat tempat khusus sebagai karakter khusus yang hanya bisa dibuka ketika pemain mengumpulkan kolektible sepanjang gamenya. Setelah terbuka, pemain bisa menggunakan Stan Lee di dalam gamenya. Stan Lee sendiri dalam game ini memiliki kemampuan-kemampuan super dari berbagai superhero yang telah ia buat, sebut saja kekuatan untuk berubah menjadi Stan-Hulk.


9. Marvel Heroes Omega (2013) – Agent Lee

Kemunculan Stan Lee dalam game free-to-play MMORPG milik Marvel ini mungkin yang paling biasa ketimbang yang lainnya karena dalam game ini ia menjadi cameo sebagai NPC bernama Agent Lee yang bekerja di Shield yang bisa kamu temui di dalam gamenya. Kamu memang bisa berinteraksi dengannya dimana ia akan melontarkan kalimat-kalimat unik seperti “Retired.. Meee? Neveeer..”. Namun sayangnya Stan Lee ditampilkan tidak spesial di game ini.


10. The Amazing Spider-Man 2 (2014) – Diri sendiri

Seperti biasa, Stan Lee kembali muncul ke dalam game Spider-Man kali ini di game adaptasi The Amazing Spider-Man 2. Dimana Stan Lee disini berperan sebagai salah satu warga sipil yang harus diselamatkan oleh Spider-Man dalam salah satu misinya. Ia juga berperan sebagai seorang pemilik toko buku komik yang bisa dikunjungi oleh Peter Parker dimana semua progress collectible dalam gamenya akan dipamerkan di sana.


11. Lego Marvel’s Avengers (2016) – Diri sendiri

Dalam game Lego Marvel berikutnya, yaitu Lego Marvel’s Avengers Stan Lee kembali berperan menjadi dirinya sendiri. Yang menjadi salah satu unlockable character dengan masih memiliki kekuatan-kekuatan dari superhero miliknya. Dalam game ini ia bisa memiliki kekuatan untuk berubah menjadi Stan-Hulk, Iron Stan dan Stanbuster.


12. Insomniac’s Spidermen (2018) – Short Order Cook

Penampilan terakhir Stan Lee dalam video game tentunya masih hangat di ingatan bagi kalian yang memainkan game terbaru Spider-Man milik Insomniac di Playstation 4. Muncul sebagai salah satu figuran dalam cut-scene yaitu sebagai koki dimana Peter Parker dan Mary Jane akhirnya bertemu dan mengobrol. Kata-kata penutup dalam cut scene “You alwasy were my favorites” mungkin menjadi kata-kata terakhir Stan Lee yang akan kita temui di dalam video game.


BONUS:

13. Family Guy: The Quest for Stuff (2014) Himself

Ternyata Stan Lee tidak hanya menjadi cameo dalam game milik Marvel saja, Stan Lee juga sempat tampil di game lainnya. Salah satunya adalah di game mobile Family Guy: The Quest for Stuff. Menjadi salah satu guest star yang akan terbuka setelah menyelesaikan beberapa misi terlebih dahulu, nantinya kamu bisa mendapatkan Stan Lee. Yang menarik adalah Stan Lee mengisi suara karakternya sendiri di dalam game ini.


Itulah tadi 12+1 cameo yang dilakukan Stan Lee di dalam video game. Dan tentunya, dengan perginya sang “One Above All” berakhirlah sudah kemunculan Stan Lee yang asli di dalam video game. Kita tentu masih bisa menemui Stan Lee dalam bentuk digital di game-game Marvel kemudian hari. Namun suara dari sang legenda tentunya tidak dapat tergantikan. Selamat jalan Stan Lee, terima kasih telah menghadirkan superhero-superhero dalam hidup kita. “EXCELSIOR!”

Exit mobile version