Apex Legends Tidak Berencana Kembangkan Lore Karakternya Sekompleks Overwatch


Salah satu hal yang membedakan Apex Legends dengan game-game battle royale lainnya tentunya kehadiran variasi karakter dengan kemampuan uniknya masing-masing. Namun bukan hanya kemampuan tampilan tiap karakter dalam Apex Legends pun sangat berbeda satu sama lainnya, baik dari segi tampilan maupun sifat karakternya. Sebut saja Bangalore yang merupakan seorang prajurit serius, Mirage yang tampil bak seorang penipu cerdik, Pathfinder yang merupakan sebuah robot ramah, dan karakter-karakter lainnya,

Hal ini tentunya mengingatkan kita terhadap game FPS milik Blizzard, Overwatch yang juga memiliki banyak diversitas dalam karakternya yang membuat mereka memiliki universe sendiri dengan cerita uniknya masing-masing. Namun tenryata meski memiliki potensi ke arah sana, Developer dari Apex Legends – Respawn Entertainment ternyata tidak berminat untuk mengembangkan kisah karakter atau lore dari masing-masing karakternya. Dikutip dari Polygon Respawn kelihatannya memang tidak memiliki niatan untuk membuat tiap-tiap karakter ini punya hubungan khusus satu sama lain ataupun memiliki hubungan dengan lokasi, waktu, dan kejadian yang terjadi di dalam gamenya.

Terasa aneh memang ketika mereka memiliki variasi karakter yang potensial namun mereka malah mengambil arah yang mirip seperti game PUBG, dimana kamu bahkan tidak paham mengapa karaktermu harus terjun dari pesawat dan bertahan hidup dengan membunuh orang lainnnya. Karakter yang kamu gunakan pun seberapapun bagusnya hanyalah sekedar kosmetik yang tidak memiliki koneksi khusus dengan lokasi atau kejadian yang terjadi selama gamenya berjalan.

Namun ternyata hal ini diambil agar Respawn sendiri tidak harus ambil pusing ketika mengembangkan karakter baru, tempat baru, maupun item kosmetik baru. Berkaca pada game seperti Overwatch, Rainbow Six: Siege, maupun League of Legends yang harus sibuk ketika mereka akan merilis karakter baru ataupun mode baru. Belum lagi masalah yang muncul ketika lore dari satu karakter ternyata tidak sesuai dengan keinginan dari para fans. Dan mengingat bahwa game ini sepenuhnya dikerjakan oleh tim dari Respawn dan EA tidak ikut campur tangan kelihatannya Respawn tidak ambil resiko biaya pengembangan mereka membengkak hanya untuk membuat banyak aspek pendukung ketika mereka akan merilis sesuatu.

Positifnya, hal ini memungkinkan Respawn menggunakan sumber daya yang ada untuk fokus dalam pengembangan gameplay dan aspek-aspek yang lebih penting seperti balancing, pengembangan map dan senjata baru, memberantas cheater,  dll. Namun tentunya hal ini dapat berubah sewaktu-waktu di masa depan bilamana EA ternyata berminat untuk memerah Apex Legends ini untuk merchandising franchise ini.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Apex Legends atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format