Red Dead Redemption 2 Dilaporkan Alami Downgrade Visual di Patch Terbaru

in , ,

Rockstar memang bisa dibilang kurang berhasil untuk menduplikasi kesuksesan GTA V di game teranyarnya – Red Dead Redemption 2 yang meskipun mendapat respon yang sangat positif di awal peluncurannya kini telah sedikit redup ditutupi oleh game-game baru yang berhasil merajai pasar seperti Devil May Cry 5 dan Apex Legends. Tidak kunjung dirilisnya secara penuh Red Dead Online juga menyebabkan banyak pemain yang hengkang. Apalagi dengan info terbaru yang mengatakan bahwa game ini sendiri mengalami downgrade visual setelah mendapat patch terakhirnya.

Temuan ini sendiri ditemukan oleh seorang pengguna Twitter bernama @Darealbandicoot yang menampilkan screenshot identik dari dalam game Red Dead Redemption 2 pada versi 1.0 dengan versi 1.06 yang mengalami downgrade visual terutama di sisi ambient occlusion-nya yang secara overall mungkin tidak dapat terlihat jelas. Namun ketika kamu menemukannya kamu akan merasa sedikit terganggu dengan penurunan ini karena gambar yang ditampilkan memang tidak sebagus yang dulu.

Kamu bisa melihat perbandingan yang diunggah ole @NaVeN0M di atas agar mengetahui lebih jelas perbedaan yang terjadi antara keduanya. Terlepas dari arah cahaya yang sedikit berbeda kalian tentunya akan merasa bahwa gambar dari versi baru terlihat lebih terang namun flat. Hal ini memang disebabkan hilangnya beberapa bayangan dari objek-objek gamenya seperti meja bar, tangga, dan bahkan bayangan yang ada di karakter-karakter yang ada. Yang mengejutkan lagi adalah fakta bahwa downgrade ini bukan baru saja dilakukan oleh Rockstar di 1.06 namun di versi sebelumnya setelah ditemukan oleh para pengguna reddit bahwa detail-detail lingkungan yang dulunya lebih detail kini tampil lebih buruk.

Secara model mungkin tidak ada perubahan, namun terlihat jelas bahwa overall shadow dan juga teksture untuk beberapa bagian terkena downgrade. Rockstar sendiri belum memberikan keterangan resmi mengenai hal ini, namun di kalangan komunitas ada beberapa hipotesa yang menerangkan mengapa hal ini terjadi.

Yang pertama adalah banyaknya para pemain di konsol PS4 awal dan juga Xbox One S bahwa mereka mengalami lag parah ketika masuk ke area St. Denis. Sehingga mungkin Rockstar menurunkan kualitas grafik RDR2 agar semua jenis konsol Playstation dan Xbox One dapat memainkan gamenya dengan lancar.

Kedua adalah penururan ini dilakukan karena adanya Red Dead Online. Untuk mengurangi beban transfer dari para pemain online ketika memainkan mode onlinenya Rockstar mungkin memberikan downgrade agar gamenya lebih playable di mode online. Dampaknya mereka juga men-downgrade single player agar perpindahan antara single-player dan online milik mereka dapat berpindah dengan mulus.

Terakhir dan mungkin terdengar terlalu mengada-ada adalah Rockstar memberikan buff kepada Red Dead Redemption 2 versi PC yang akan dirilis. Seperti GTA V dahulu, beberapa fitur memang dibatasi di konsol dan dilepas di versi PC sebagi versi paling lengkap sekaligus menjadi versi paling bagus secara grafik. Rockstar pun diduga melakukan downgrade ini agar nantinya fitur ambient occlusion ini dapat dimasukkan ke dalam versi PC sebagai “Fitur Unggulan”.

Hipotesa mana yang menurutmu paling masuk akal? Atau kamu memiliki opini sendiri mengenai downgrade yang dilakukan Rockstar terhadap Red Dead Redemption 2 ini? Mengingat meskipun pernah ada bocoran tentang Red Dead Redemption 2 PC hal ini belum diamini oleh Rockstar


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Red Dead Redemption 2 atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]