7 Teknologi yang Harus Kamu Antisipasi di Era Next-Gen

in , , ,
Cover Next Gen

Era game next-gen sekarang sudah di depan mata, transisi video game ke basis hardware yang lebih tinggi tentunya ditunggu oleh banyak orang. Mulai dari para pengembang dimana mereka bisa membuat game dengan spesifikasi dasar yang lebih tinggi, hingga tentunya para gamer yang bisa memainkan game-game baru dengan teknologi yang lebih wah.

Bila lancar, harusnya di akhir 2020 ini kita akan segera berpindah menuju kesana. Dan sembari menunggu, mungkin kita bisa melihat dulu teknologi baru apa saja sih yang nantinya bisa kamu rasakan di game-game next-gen nantinya.

Resolusi 4K akan jadi standar baru

Resolusi 4k

Sama seperti transisi dari HD ke Full HD yang terjadi pada generasi konsol sebelumnya. Resolusi yang meningkat berkali-kali lipat juga akan terjadi di game-game next-gen kedepannya. Dan disana, resolusi 4K (3840 x 2160) adalah standar baru yang dikejar oleh konsol dan juga game-game yang dibuat kedepannya. Maka dari itu jangan kaget bila nantinya game-game di masa depan akan terlihat jauh lebih buruk ketika dimainkan di resolusi dibawahnya.


Tidak akan ada lagi loading screen

Implementasi hardware baru, terutama dengan teknologi SSD berkecepatan 5 Gb/dtk tentunya membawa video game ke level pemrosesan yang baru. Dan kemungkinan kamu tidak akan lagi menjumpai loading screen kedepannya karena semua aset yang dibutuhkan bisa muncul dalam waktu sepersekian detik saja. Hal ini bahkan ditingkatkan di Xbox Series X dimana kamu bisa berpindah-pindah game secara langsung ke saat terakhir kamu meninggalkan gamenya.


Ray Tracing, Unreal Engine 5, dan teknologi baru lainnya

Teknologi Ray Tracing memang sebenarnya sudah muncul beberapa tahun kemarin. Namun untuk penggunaan yang optimal dan bahkan memaksimalkan teknologi ini memang masih dalam progres dan mungkin akan maksimal di game-game next gen kedepannya. Tidak itu saja, namun teknologi lain seperti yang dipamerkan oleh Unreal Engine 5 tentunya akan membawa visual photorealistic yang lebih menakjubkan lagi.


Kasus downgrade tidak terjadi lagi

Downgrade

Downgrade untuk visual maupun gameplay tentunya menjadi masalah bagi video game beberapa tahun ke belakang. Dan hal ini terjadi tidak lain karena terbatasnya sumber daya yang dimiliki konsol sekarang dan sebelumnya yang memaksa para pengembang harus menurunkan visual, animasi, maupun fitur agar dapat berjalan secara lancar di konsol. Hal ini tentunya kemungkinan tidak akan terjadi kedepannya karena konsol next-gen yang punya hardware lebih mumpuni setidaknya untuk beberapa tahun kedepan.


Semakin banyak game mendukung Cross-Platform

Cross Play

Menjadi impian bagi para pemain maupun pengembang, menggabungkan berbagai platform untuk dapat bermain bersama dalam satu game tetap menjadi salah satu arah pengembangan multiplayer. Dan dengan semakin banyaknya game yang kini sudah bisa mulai mengaplikasikan cross-platform ke dalamnya, kelihatannya kita akan melihat tren ini muncul lebih banyak di berbagai game baru kedepannya.


Cloud gaming akan jadi solusi

Cloud Gaming

Cloud streaming atau cloud gaming mungkin masih menjadi hal yang muluk-muluk dan bahkan terasa tidak berarti sekarang. Namun dengan perubahan teknologi yang semakin cepat, serta harga yang terus menerus naik bukan tidak mungkin bahwa nanti kedepannya ketika kecepatan internet semakin kencang dan terjangkau maka tentu akan lebih murah untuk menggunakan layanan cloud gaming ini ketimbang harus berinvestasi membeli part baru.


Pemanfaatan potensi VR yang lebih maksimal

Vr

Hingga kini perangkat Virtual Reailty atau VR masih terus masuk dalam masa pengembangan, dengan game-game yang berangsur-angsur menjadi semakin interaktif dan realistis. Sebut saja seperti Half Life: Alyx, Resident Evil 7 VR, Skyrim VR, dan game lainnya yang terus berusaha mengulik semua potensi yang ada di perangkat VR. Jadi bukan tidak mungkin bahwa nantinya teknologi ini akan lebih berkembang jauh di era game next-gen nanti.


Teknologi-teknologi yang di atas kemungkinan besar akan segera kita jumpai dan rasakan di game generasi berikutnya sebentar lagi. Mungkin beberapa teknologi sudah bisa dirasakan sekarang, namun tentunya akan dimaksimalkan lagi di game-game keluaran berikutnya. Dan kedepannya, pasti akan ada teknologi-teknologi baru yang juga akan meramaikan. Jadi sekarang, apakah kamu siap bertransisi ke era next-gen?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang G-list atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]