Deretan Game-Game PS5 yang Sudah Diumumkan & Dirumorkan

untuk ps5

Era konsol Ps4 sebentar lagi boleh dibilang akan berakhir. Tentu itu sama sekali tidak menandai akhir dari perkembangan industri yang kita cintai ini. Karena sudah ada sesosok mesin bermain anyar yang siap menjadi harapan baru untuk para gamer.

Sudah lama kita ketahui dan sering perbincangkan, PS5 memang telah menjadi sebuah misteri yang sedang dinantikan. Memang hingga kini masuh belum diketahui secara pasti seperti apa wujud penampakan yang sebenarnya dimiliki oleh konsol next gen satu ini (terlepas dari gambar devkit yang sudah bocor) ? Namun di sisi lain, untungnya telah muncul sejumlah developer maupun publisher yang sudah resmi memberikan ancang-ancang tentang keberadaan game yang ingin mereka rilis di sana.

Karena hadir di konsol yang betul-betul baru, tentu ada suatu ekspektasi besar yang sekiranya nampak dijejalkan dalam rencana mereka. Sebagian memang sudah ada yang dikonfirmasikan secara resmi kepada publik, sementara sisanya masih harus sebisa mungkin ditutup-tutupi demi menjaga atmosfer hype.

Berdasarkan narasi di atas, cukup penasarankah kamu dengan game-game mana yang nantinya siap mengudara di konsol PS5 ? Karena dari beragam info yang kami dapat, tercatat ada sejumlah kumpulan deretan game next-gen yang nampak bisa saja mengkaptivasi hasratmu untuk segera langsung memiliki konsol tersebut. Bila kamu sangat penasaran, tak ada salahnya apabila kamu menyempatkan waktu sejenak untuk melihat list yang sudah kami rincikan berikut demi kalian.


1. Game Call of Duty baru (Black ops 5 ?)

Status: Belum diumumkan, namun dirumorkan kuat.

Menjelang pesta pergantian generasi konsol, Activision tentu digadang-gadang juga tak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa memejengkan kumpulan game-game mereka di sana. Meski belum dikonfirmasi secara pasti, seri Call of Duty terbaru di tahun depan mendatang telah lama dirumorkan siap menjadi satu franchise pertama yang akan dirilis secara cross-gen baik itu di platform PS4 dan PS5.

Menariknya judul Call of Duty yang kerap didengungkan berasal dari seri Black Ops. Entah akan langsung mengambil langsung judul Black Ops 5 atau malah mengikuti arah yang sudah dilakukan oleh seri Call of Duty tahun ini, nampak hanya tinggal menunggu waktu saja bagi kita untuk melihat keberadaan franchise game FPS tersebut di konsol PS5.


2. Game Battlefield baru (Battlefield Bad Company 3 ?)

Status: Belum diumumkan, namun dirumorkan kuat.

Seperti layaknya Call of Duty, EA punya suatu franchise game yang seolah memang akan selalu disandingkan dengan seri game FPS kepunyaan Activision itu. Melalui nama Battlefield, Battlefield V pastinya tidak akan selalu menjadi amunisi yang selalu diandalkan oleh mereka. EA pasti betul-betul sangat berhasrat untuk bisa mengalahkan Call of Duty lewat seri Battlefield mereka yang selanjutnya.

Dimana selain kemungkinan besar pasti akan rilis di konsol next-gen lewat rumor yang telah beredar, banyak pihak menyebut bila EA akan mulai mengeluarkan seri Bad Company 3 dalam memberikan game Call of Duty versi next gen sebuah perlawanan yang sebanding.


3. Horizon Zero Dawn 2

Status: Belum diumumkan, tapi infonya sudah dibocorkan oleh sang voice actor.

Sempat sengaja diluapkan oleh sang voice actor Janina Gavankar, Sony melalui Guerrila Games nampaknya punya agenda untuk melanjutkan kembali petualangan Alloy lewat keberadaan sekuel dari Horizon Zero Dawn 2. Janina sendiri bahkan sampai menjamin bila game open world dengan perpaduan tema futuristik dan primitif tersebut akan menjadi satu game yang siap membuatmu terkagum-kagum. Jika dipastikan tidak akan rilis pada tahun depan mendatang, tentu kita semua bisa mengekspektasikan keberadaan game ini di konsol PS5.


4. Ghost of Tsushima

Status: Sudah diumumkan rilis di konsol PS4, dirumorkan kuat juga ikut rilis di PS5.

Merupakan satu game eksklusif Sony yang awal kemunculan gameplay trailernya betul-betul dianggap sukses menyilaukan mata para gamer. Tidak hanya dari gameplay ala ninjanya saja yang sangat terkesan cantik nan real, namun juga dari detil grafis tingkat tinggi yang pada waktu itu disodorkan.

Meski saat ini sedang diterpa dengan berbagai isu penundaan, setidaknya Sony melalui SuckerPunch dikabarkan masih mau menjamin bila Ghost of Tsushima tetap akan bisa kamu mainkan di konsol PS4. Sedangkan perilisannya di konsol PS5 nampak hanya tinggal menunggu waktu saja.


5. Game baru Santa Monica (God of War 2?)

Status: Belum diumumkan, namun pihak developer sudah memberikan “tease”.

Sukses dengan perilisan God of War-nya di platform PS4 hingga berhasil meraih gelar game of the year dalam acara penganugerahan The Game Award, tentu Santa Monica kini sedang sibuk menyiapkan pengerjaan game barunya yang pasti akan rilis di konsol PS5. Berdasarkan informasi lowongan kerja yang sempat mereka buka, sempat ada satu spekulasi bila Cory Barlog dan kawan-kawan ingin melanjutkan kembali petualangan kratos bersama dengan anaknya, Atreus.

Namun, Cory di akun Twitternya barusan tak lama telah ingin mencoba membingungkan para fans dengan menunjukan sebuah gambaran profil yang amat bersifat Sci-fi untuk diterka. Sehingga apakah mungkin bila God of War nantinya akan coba menyentuh tema luar angkasa sebagai salah satu premisnya, atau ada proyek lain yang ingin mereka tunjukan ?


6. Final Fantasy VII Remake

Status: Diumumkan rilis di PS4, dijanjikan juga rilis di PS5.

Meski sudah pasti diumumkan untuk rilis pada bulan Maret tahun depan nanti di konsol PS4, Square Enix sepertinya juga tak sudi melewatkan ketiadaan game remake ini di konsol next gen. Lewat grafisnya yang tergolong luar biasa, telah resmi dikonfirmasikan melalui interview Game Informer bila mereka juga tengah mengincar perilisan Final Fantasy VII Remake di PS5.

Tentu hal tersebut dapat menjadi momentum yang sangat dinanti-nantikan oleh Square Enix. Mengingat Final Fantasy 7 Remake sendiri sudah lama mereka kabarkan hadir dalam format yang bersifat episodik.


7. Elder Scrolls VI

Status: Diumumkan rilis untuk platform current gen, dirumorkan juga akan ikut di konsol next gen.

Terlepas dari meredupnya kiprah publisher yang satu ini karena kontroversi perilisan Fallout 76, Bethesda tetap punya sejumlah amunisi proyek game cadangan yang pastinya akan rilis di konsol generasi selanjutnya seperti PS5. Bila kamu sudah merasa bosan dengan Skyrim, mereka telah lama menginfokan kehadiran Elder Scrolls VI lewat logo dan dunia archopelagonya yang sungguh menarik.

Namun yang menjadi masalah, masih belum diketahui sekiranya kapan Bethesda betul-betul mau memberikan update perkembangan dari game RPG ini ? Mengingat mereka hanya bisa memastikan bila Elder Scrolls VI tidak akan rilis dalam waktu dekat.


8. Game Harry Potter RPG

Status: Belum diumumkan, dirumorkan kuat rilis di platform next gen

Mencoba mengesampingkan versi mobilenya, tentu kita sudah lama tidak mendengar keberadaan game Harry Potter yang lebih aktual di platform konsol. Kebetulan, kehadiran konsol PS5 disinyalir siap menjadi karpet merah yang menarik bagi franchise milik Warner Bros ini. Walau belum resmi diumumkan, sejumlah footage dari game yang kabarnya bergenre RPG dan digarap oleh Avalanche Software tersebut telah lama bocor dan mengemuka di dunia maya.


9. Game Spider-Man baru

Status: Belum diumumkan, baru dirumorkan dari komik.

Kabar keberadaannya memang sangat begitu tertutup untuk sementara ini. Namun bukan berati bila segalanya tidak akan mungkin dapat direalisasikan. Rilisnya volume kedua dari seri komik Marvel’s Spider-Man: City at War belakangan telah menciptakan suatu hype yang cukup menarik di pikiran para penggemar. Di sana, muncul sesosok tokoh supervillain bernama Swarm yang sengaja ditampakkan dengan desain yang amat begitu fresh dan belum pernah dilihat sebelumnya.

Swarm, musuh baru Spider-Man ?

Banyak fans yang akhirnya cukup memperhatikan hingga memperbincangkan setitik kemungkinan agar Swarm bisa hadir sebagai musuh utama di dalam game Spider-Man yang selanjutnya. Dan keberadaannya itu pun tentu juga akan ikut ditandai untuk konsol next gen sekelas PS5.


10. The Lord of the Rings: Gollum

Status: Sudah diumumkan, namun belum tunjukan trailer.

Mencoba untuk rehat dari bayang-bayang Monolith Production dalam mengembangkan Shadow of War maupun Shadow of Mordor, Daedalic Entertainment tak lama telah dilaporkan ingin segera mengembangkan sebuah game yang secara resmi mengadopsi dunia dari franchise Middle Earth. Siap ditargetkan rilis pada tahun 2021 nanti, game yang akan mengambil judul  The Lord of the Rings: Gollum ini kabarnya betul-betul akan lebih berfokus pada aspek cerita dengan unsur choice matter yang begitu kental tentang sang karakter Gollum.

Karena rilis pada tahun 2021 nanti, indikasi kehadiran game tersebut di konsol PS5 jelas akan lebih menguat dengan sangat kencang.


11. Sniper Elite 5

Status: Sudah diumumkan rilis di platform current gen, dirumorkan kuat juga ikut rilis untuk konsol next gen.

Melalui kabar pengembangan yang telah mereka siapkan, Rebellion selaku developer dari game Sniper Elite baru saja menyiarkan suatu informasi yang cukup penting terkait seri franchise dengan fokus membidik anggota tubuh tersebut. Mereka baru saja mengumumkan keberadaan seri Sniper Elite baru yang akan dikhususkan untuk rilis di tahun depan nanti.

Mengingat game ini sangat gemar dalam menampilkan efek terjangan peluru beserta kerusakan anggota tubuh yang kadang bisa membuatmu ngilu, banyak spekulasi yang menyebut bila Rebellion ingin memanfaatkan tenaga PS5 untuk mewujudkan secara lebih maksimal bentuk terobosan tersebut.


12. The Last of Us Part II

Status: Sudah diumumkan rilis di konsol PS4, dirumorkan kuat juga ikut rilis di PS5.

Banyak sering digemborkan karena penundaannya, The Last of Us Part II memang masih tetap akan mampir di konsol PS4. Namun, keberadaan game survival penuh tensi dan drama buatan Naughty Dog ini juga nampak akan bisa mengudara pula secara cross-gen di konsol PS5. Mirip seperti perilisan seri The Last of Us sebelumnya di konsol PS3 dan PS4.


13. Project Awakening

Status: Sudah diumumkan rilis di PS4, dirumorkan kuat juga ikut rilis di PS5.

Mendengar nama Cygames, tahukah kamu bila developer asal Jepang sedang sangat serius-seriusnya dalam mengembangkan satu game konsol. Selain dari franchise Granblue Fantasy, mereka pun kabarnya telah mulai mencoba suatu niat yang lebih ambisius lewat hal yang masih mereka namai Project Awakening.

Melihat cuplikan trailernya, game yang masih sedang dikembangkan ini menyajikan cuplikan grafis dan gameplay yang nampak ingin coba dipaksakan kembali untuk PS4. Dari sana, muncul suatu persepsi bila Cygames bisa saja akan menambahkan opsi pengembangannya di platform konsol PS5.


14. Game baru Rockstar (GTA VI ?)

 

Status: Belum diumumkan, namun dirumorkan kuat.

Sebagai developer yang sangat dikenal piawai dalam meracik game-game open world yang serba imersif, Rockstar telah lama dikabarkan ingin untuk unjuk gigi kembali setelah sukses merilis Red Dead Redemption 2. Dari beragam kabar yang didapat, GTA VI digadang-gadang telah menjadi satu agenda terpenting yang sedang mereka fokuskan saat ini.

Mengingat GTA V kini sudah resmi menginjak tahun perilisannya 6 tahun, game GTA VI sendiri sepertinya betul-betul akan baru mulai diluncurkan pada usianya yang ketujuh ataupun kedelapan. Untuk yang terakhir, momen perilisan game yang kabarnya mengambil setting di kota Vice City tersebut kebetulan bertepatan dengan relevannya para developer-developer besar untuk merilis game kesayangannya di konsol PS5.


15. Starfield

Status: Sudah diumumkan, dikonfirmasi rilis di konsol next gen oleh Todd Howard.

Selain Elder Scrolls VI, nama franchise game anyar milik Bethesda seperti Starfield adalah hal yang juga bisa menarik perhatianmu. Hanya digambarkan secara simpel sebagai game sci-fi lewat background luar angkasanya, tak ada yang bisa menebak apa yang sebenarnya ingin ditawarkan oleh game ini. Todd Howard sendiri sudah mengkonfirmasi jika Starfield memang telah diproyeksikan sebagai salah satu game yang tergolong Next Gen.

Walau nampak malu-malu dalam menjelaskan pernyataannya secara lebih lanjut, peluang untuk melihat mejengnya game ini di sana harus diakui tetap cukup besar.


16. Dragon Age 4

Status: Belum diumumkan secara resmi, namun dirumorkan kuat.

Meski nampak dibayang-bayangi oleh kegagalan Anthem, EA melalui Bioware memang sudah lama menyiapkan rencana dalam mengembangkan seri Dragon Age terbaru. Game RPG ini kebetulan juga dikonfirmasi tidak dapat kalian ekspektasikan ada dalam waktu dekat. Tahun 2022 bahkan menjadi janji yang paling cepat bisa direalisasikan oleh Bioware. Sehingga bukan hal yang mengagetkan bila PS5 pasti akan ikut dijadikan sebagai salah satu destinasi perilisan yang menarik bagi Dragon Age 4 misalnya.


17. Gods & Monsters

 

 

Status: Sudah diumumkan.

Sudah dikonfirmasi rilis untuk konsol next gen + current gen, Gods and Monsters merupakan sebuah game yang sangat mengadopsi sekali keotentikan dari Zelda Breath of The Wild. Melalui bendera Ubisoft, game ini nampak punya misi untuk mengenalkan konsep yang dibawa oleh game eksklusif Switch tersebut secara lebih meluas.

Grafisnya sendiri boleh dibilang cukup begitu kartunis. Namun, tetap sungguh menarik untuk menyaksikan bagaimana bentuk optimisasi yang akan dibagikan pada versi next gen-nya.


18. Rainbow Six Quarantine

 

Status: sudah diumumkan

Mencoba ingin mengambil pendekatan berbeda sebagai game FPS yang sangat taktikal, seri Rainbow Six yang akan hadir pada konsol Next Gen ini mulai ingin membawa suatu keseruan yang lebih menegangkan dari sebelumnya. Lewat bumbu survival melawan para monster, game ini juga telah resmi Ubisoft tetapkan untuk juga hadir di platform next-gen termasuk PS5.


19. Watch Dogs: Legion

 

Status: sudah diumumkan

Untuk kamu yang gemar berole-play, seri Watch Dogs terbaru ini sepertinya siap menjadi satu seri game open world tentang hacking yang benar-benar kamu diidamkan. Karena kamu sendiri bisa berperan menjadi siapa saja di dalam Watch Dogs: Legion. Pengumuman kehadirannya di konsol PS5 juga nampak sangat memberi harapan yang potensial tentang penyempurnaan konsep tersebut.


20. Dying Light 2

https://www.youtube.com/watch?v=uy6ne-fEsAw

 

Status: sudah diumumkan.

Biasa dikenal sebagai game horror zombie dengan gameplay parkour di dalamnya, Dying Light 2 kini ingin menyodorkan sebuah inovasi baru yang amat berfokus pada keimersifan dunia beserta dengan respon penggambaran dari NPC-NPC yang kamu jumpai. Lewat hal itu saja, Techland cukup merasa yakin untuk menghadirkan game ini di konsol PS5.


21. Game baru Rocksteady (Batman Arkham terbaru/ Justice League/ ?)

Status: Belum diumumkan, namun pasti rilis eksklusif di konsol next gen.

Sudah bukan merupakan rahasia lagi apabila Developer game Batman Arkham, Rocksteady sedang menggarap suatu proyek game baru yang dikhususkan untuk rilis di konsol next gen nanti. Meski belum diketahui game apakah itu, mereka dirumorkan masih tetap loyal untuk memproduksi game bertemakan superhero DC. Entah itu merupakan game batman Arkham baru, superman, hingga yang lebih tergolong ambisius seperti Justice League.


22. Game baru Blue Point (Demon Souls Remake ?)

Status: Belum diumumkan, namun pasti rilis eksklusif di konsol PS5.

Developer yang dikenal rajanya remake ini telah resmi mendapat tanggung jawab untuk mengerjakan proyek game next gen yang ekslusif untuk PS5 saja. Dengan judul yang masih dirahasiakan, banyak rumor yang menyebut bila mereka ingin kembali mengerjakan game remake. Dan seri-seri yang digadang-gadang akan segera oleh Blue Point, menariknya adalah versi remake dari Demon Souls.


23. Diablo 4

 

Status: Sudah diumumkan, dirumorkan juga ikut rilis di konsol next gen.

Baru ditunjukan pada acara blizzcon kemarin, Diablo 4 sepertinya akan menjadi game yang cukup membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa dirilis. Mengingat Blizzard juga masih punya beragam tanggungan dari versi mobilenya (Diablo Immortal) dan juga Overwatch 2, tentu kita bisa berekspektasi bila game Action RPG top down ini nampak mungkin sekali ingin mengambil jalur perilisan untuk platform-platform yang bersifat next gen.


Baca juga listicle-liscticle menarik kami yang lain beserta dengan kabar-kabar terkini seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version