10 Skenario Terjadinya Perang Dunia 3 yang Pernah Dibuat dalam Video Game

in , , , , , ,

Perang Dunia ke-3 memang menjadi skenario paling menakutkan yang kini tengah terjadi. Dengan banyaknya kejadian penyerangan antar negara yang terjadi tentunya dapat membawa dunia yang kini sudah damai ini kembali ke masa peperangan antar negara seperti yang sudah lama terjadi.

Tema perang Dunia ke-3 atau World War 3 (WW3) ini tentunya sudah menjadi salah satu tema yang paling banyak digali oleh para pembuat video game. Terutama untuk game-game bertema perang seperti Battlefield dan Call of Duty. Dan dengan segala imajinasi para penulis skenario video game ini juga mereka-reka bagaimana Perang Dunia ke-3 yang tentu sebenarnya kita tidak inginkan ini bisa terjadi.

Dan Gamebrott telah mengumpulkan 10 Skenario Terjadinya Perang Dunia 3 yang pernah dibuat ke dalam video game.


Homefront /  Homefront Revolution

 

Dalam Homefront Perang Dunia terjadi ketika Korea Utara berhasil mengembangkan persenjataan nuklir dan menggabungkan dua negara Korea menjadi Greater Korean Republic (GKR). Dari sinilah GKR bergerak untuk menjadi poros kekuatan anti-Amerika. Terlebih setelah pecahnya perang antara Iran dan Arab Saudi yang menyebabkan krisis minyak.

Akibatnya banyak negara termasuk Amerika Serikat menghadapi krisis finansial, ditambah dengan merebaknya wabah flu burung yang membunuh banyak korban di Amerika Serikat. GKR pun yang telah melebarkan kekuasaannya hingga Asia Tenggara kini berusaha menguasai Amerika Serikat.

Korea Utara berhasil menguasai sebagian Amerika

GKR sendiri berhasil menguasai separuh sisi barat Amerika Serikat yang akhirnya diganti menjadi “New Korean Federation of Occupied America”, sedangkan sisi Timur sendiri dihuni oleh kelompok perlawanan untuk merebut kembali Amerika Serikat.


Tom Clancy’s EndWar

 

Sebagai salah satu penulis yang memfokuskan dirinya pada perang, tentu sudah bisa ditebak bahwa Tom Clancy juga membuat skenario untuk Perang Dunia 3. Dan hal tersebut dituangkan dalam game EndWar. Dimana serangan nuklir dilakukan oleh teroris yang menyebabkan 6 juta nyawa hilang sekaligus melumpuhkan suplai minyak dari Timur Tengah yang menyebabkan krisis energi di seluruh dunia.

Krisis global ini akhirnya membuat negara-negara kaya di Eropa akhirnya bergabung untuk membentuk European Federation (EF), Inggris dan Irlandia memilih untuk tetap netral dan membentuk New Commonwealth, sedangkan negara-negara miskin di Eropa akhirnya dikuasai oleh Rusia yang pasca kejadian Timur Tengah kini menjadi pemasok minyak terbesar di dunia dan menjadi negara adidaya baru.

Pada akhirnya semua pasukan harus berhadapan di Paris

Dan tentunya Amerika Serikat yang juga ikut serta dalam perebutan negara-negara ini terhadap sumber daya minyak bumi lah yang menjadi penyebab utama dari mulainya Perang Dunia 3 dalam Endwar.


Battlefield: Bad Company 1-2

 

Banyak yang mengatakan bahwa Bad Company adalah seri terbaik dari Battlefield, karena di seri inilah DICE bisa mempertunjukkan kehebatan teknologi yang mereka dan EA miliki sekaligus mengangkat cerita tema Perang Dunia dari sudut yang berbeda dari biasanya. Ya, meskipun kamu dan pasukanmu ditugaskan untuk menghalau terjadinya perang dunia, kamu dan pasukanmu tidak takut untuk bercanda.

Seperti yang kami bilang di atas, tugasmu di Bad Company adalah untuk menghalau sebuah gerakan supremasi Rusia dengan nama Legionnaire Mercenaries yang juga merupakan pasukan paling berbahaya di dunia yang dibayar dengan emas batangan. Tim Bad Company pun akhirnya mencoba mengejar truk pengangkut emas batangan yang masuk ke negara netral (sedang tidak terjadi perang) guna mengejar The Legionnaire dan menghalu mereka berbuat onar lebih jauh.

Keselamatan perdamaian dunia ada di tangan 4 orang ini

Setelah berhasil mengejar pimpinan mereka – The Legionnaire, mereka pun mengalahkan dia, mengembalikan emas ke pemerintah Amerika. Namun sayangnya, Rusia secara diam-diam ikut menunggangi aksi penyerbuan Bad Company ini dan menemukan senjata era Perang Dunia 2 paling berbahaya bernama Black Weapon. Dan dari situlah Rusia berencana membuat senjata tersebut bekerja dan mulai menyerang Amerika Serikat lewat Alaska untuk memulai perang dunia.


Command & Conquer Red Alert 2

 

Penyebab Perang Dunia 3 tentunya memiliki banyak kemungkinan, namun game Command & Conquer Red Alert atau yang sering disebut C&C Red Alert 2 ini mengambil latar belakang yang mengarah ke fantasi, dimana game tersebut, tepatnya C&C Red Alert 2 yang mengambil latar di dunia alternatif dimana Hitler ditiadakan. Dan menyebabkan Rusia menjadi negara yang ingin menguasai Eropa, namun digagalkan oleh Negara-negara Allied.

Untuk menghalau Rusia untuk mengulangi rencananya untuk menguasai dunia kembali, mereka membuat Rusia sebagai negara boneka dengan pemimpin yang dipilih oleh Negara Allied. Namun ternyata pimpinan Rusia yang dipilih tersebut menuruti keinginan Negara Allied sambil diam-diam mengumpulkan kekuatan militer Rusia kembali.

Lengahnya Amerika terhadap Rusia membuat mereka dapat melakukan invasi besar-besaran

Ketika Amerika Serikat dan negara Allied lainnya lengah, Rusia langsung melaksanakan serangan tiba-tiba ke Amerika lewat 3 arah langsung yaitu pantai barat, pantai timur, dan dari selatan lewat Mexico dan memulai perang dunia ke-3.


Battlefield 3

 

Bila Bad Company berfokus pada skenario perang dunia antara Amerika dan Rusia, maka dalam seri utama Battlefield (yang menggunakan seri angka) game ini mengambil skenario penyebab perang dunia yang lebih bervariasi dan lebih mengikuti kejadian yang terjadi di dunia nyata. Seperti di Battlefield 3 ini yang lebih banyak mengambil latar di perang Timur-Tengah, tepatnya di Irak dan Iran.

Dimana Amerika Serikat tengah ikut dalam untuk mengalahkan kelompok terorisme yang tengah menguasai area-area di Timur-Tengah tersebut untuk keuntungan mereka. Dalam perjalanannya, pasukan Amerika pun menemukan sebuah koper berisi 3 bom nuklir milik Rusia yang telah hilang 2 bomnya. Dari sanalah Amerika memulai penyelidikan dan pencarian apa rencana dari kelompok teroris tersebut dimana bom tersebut akan diledakkan.

2 dari 3 bom nuklir milik Rusia ini menghilang dan harus segera ditemukan

Sayangnya, pihak investigasi Amerika – C.I.A. tidak mengetahui bahwa ancaman bom nuklir tersebut dilakukan oleh pihak teroris, dan mengira bahwa dalang dibalik ancaman tersebut adalah Rusia karena yang ditemukan adalah bom milik mereka. Apalagi pasca satu bom nuklir tersebut berhasil diledakkan di Perancis, dan kini mereka harus berlomba dengan waktu untuk melacak dimana bom nuklir terakhir berada, menghalau bom tersebut meledak, yang dapat membuat Amerika nantinya menyerang Rusia dan memulai perang dunia.


Arma III

 

Sebagai salah satu game simulasi perang taktikal yang berfokus di bagaimana kamu merencanakan sebuah penyerbuan militer ke wilayah musuh ternyata pengembang Bohemia Interactive tidak lupa untuk membuatkan sebuah cerita campaign yang tentunya menunjang apa yang menyebabkan perang yang kamu lakukan tersebut.

Bermula dari sebuah perang sipil yang terjadi di sebuah negara di Mediterania bernama Republik Altis. Masalah internasional sendiri terjadi ketika gencatan senjata dilakukan. Dimana kelompok pemberontak menolak pemerintahan militer yang baru dan melancarkan serangan gerilya. Disinilah pasukan NATO akhirnya masuk untuk mengamankan negara tersebut.

Ketika NATO harus mundur, CSAT masuk untuk menggantikan posisinya

5 Tahun berjalan, NATO akhirnya mulai mengurangi investasinya di Altis. Dan hal ini langsung dimanfaatkan oleh pasukan CSAT (Canton-Protocol Strategic Alliance Treaty) yang diketuai oleh Iran dan China guna membangun kekuatan mereka di area Timur-Tengah. Karena kini dipimpin oleh CSAT, Altis pun kini mulai menganggap NATO sebagai ancaman di negara mereka. Dan dari sinilah ketegangan antara keduanya meningkat.


World in Conflict

https://www.youtube.com/watch?v=NnTn1LSG9Zo

 

Seperti judulnya, game ini memang menggambarkan dunia ketika didera konflik. Dan dalam gamenya semua bermula dari 1989 dimana terjadi keruntuhan ekonomi masal, yang mana memaksa Rusia untuk meminta bantuan kepada negara barat. Namun karena negosiasi tersebut gagal, Rusia yang sudah putus asa akhirnya mengambil langkah ekstrim dengan menyerbu Jerman dan kemudian menduduki Jerman Barat.

Di sisi lain, Amerika Serikat yang juga terkena dampak diamanati untuk dapat mengalahkan Rusia guna menggagalkan mereka untuk menguasai Eropa. Amerika pun yang juga tengah mengalami kekurangan sumber daya akhirnya dengan bantuan Garda Nasional harus menuju Eropa untuk mengevakuasi masyarakat sipil dari area-area yang berpotensi akan diduduki Rusia sekaligus menghalau mereka untuk meluas.

Begitu kuatnya Rusia hingga membuat Amerika sebagai medan pertempuran

Namun ternyata Rusia menjadi terlalu kuat hingga akhirnya mereka mampu masuk menyerang masuk ke Amerika dan memaksa Amerika untuk menggunakan bom nuklir terhadap serangan Rusia tersebut. Namun pasca pengeboman tersebut ternyata China menyatakan untuk ikut dalam perang tersebut sebagai sekutu baru Rusia.


Call of Duty: Modern Warfare 1-3

 

Skenario perang dunia 3 terbaik dan yang paling klasik yang pernah dibuat tentunya adalah Call of Duty: Modern Warfare. Dalam cerita yang dikisahkan di trilogi game ini Perang Dunia ke-3 tentunya dimulai lewat perselisihan antara Amerika Serikat dan Rusia. Namun dalam alurnya skenario ini dimulai ketika Pemimpin Partai Ultranasionalist Rusia yang dilarang kembali ke negaranya oleh Amerika Serikat.

Dan karena hal tersebut Ia pun membentuk sebuah gerakan dan mendanai kudeta di negara di Timur Tengah yang menyebabkan pemimpin negara tersebut terbunuh dan menyebabkan Amerika Serikat akhirnya datang ke negara tersebut untuk mengantisipasi gerakan tersebut untuk semakin melebarkan aksinya.

Untuk memperburuk suasana, bom nuklir diledakkan untuk merealisasikan perang dunia

Namun ternyata aksi tersebut sendiri adalah pengalihan yang dilakukan oleh Ultranasionalist agar perhatian Amerika tertuju pada Timur Tengah, sedangkan Ultranasionalist Rusia ini mampu menggencarkan aksinya untuk membawa Rusia kembali ke era kejayaan Soviet-nya.


Battlefield 4

 

Tidak bergerak ke masa depan mungkin jadi salah satu kelebihan bagi Battlefield untuk dapat membuat skenario-skenario yang bervariatif untuk kemungkinan Perang Dunia 3. Dan di seri ke-4 nya mereka lagi-lagi membuat cerita yang berkaitan dengan pergerakan dunia nyata. Melanjutkan dari seri sebelumnya, dimana meskipun perang dunia bisa digagalkan namun ketegangan antara Amerika dan Rusia semakin memuncak karena saling menganggap bahwa salah satunya mengancam perdamaian.

Di tempat lain di 2020, yaitu China tengah terjadi kudeta yang dilakukan oleh militer untuk menggulingkan pemerintahan negaranya. Dan ternyata pemberontakan tersebut didalangi oleh Rusia yang mendukung dan bahkan berjanji akan memberikan bantuan penuh kepada sang jenderal pemimpin pemberontakan untuk berperang melawan Amerika Serikat.

Kelanjutan dari Battlefield 3 kini ditambah dengan China yang tengah terjadi kudeta

Seperti biasa Amerika harus melaksanakan “Tugas Heroik” mereka untuk masuk ke negara China mencari siapa dalang siapa di balik kudeta tersebut, dan memburunya sebelum Ia berhasil menyerang masuk ke Amerika dan memulai perang dunia.


Far Cry 5

 

Bila kamu memainkan Far Cry 5 dan mengetahui bagaimana ending yang membawa ceritanya kepada Far Cry New Dawn, apakah kamu mengetahui apakah penyebabnya? Karena tentu tidak mungkin kekacauan sebesar itu murni dikarenakan keluarga Seed. Namun ternyata ada alur cerita lain, yang lebih besar dan dituturkan secara tersirat dalam gamenya yaitu lewat siaran radio yang bisa kamu dengarkan ketika mengendarai mobil.

Pada awal-awal game, akan terdengar berita bahwa tengah terjadi uji coba ilegal persenjataan nuklir di pesisir Asia oleh Korea Utara. Amerika pun disini meminta negara-negara sahabat untuk menghentikan percobaan tersebut. Seiring progres dalam gamenya, tensi antara Amerika dan Korea Utara meningkat hingga beberapa perwakilan negara-negara Timur Tengah menarik diplomat mereka dari Amerika karena menganggap hal tersebut terlalu berbahaya. Pembicaraan damai-pun dilakukan di Timur Tengah, namun gagal karena adanya bom berantai yang membunuh 2 orang dan melukai 11 orang.

Ledakan nuklir di Far Cry 5 ternyata tidak terjadi begitu saja

Setelah hal tersebut, Amerika merasa perang akan segera terjadi dan meminta semua warga negaranya yang ada di Asia dan Timur Tengah segera kembali ke Amerika Serikat secepatnya. Bom berantai di Timur Tengah berlanjut dan menewaskan lebih banyak korban, kota-kota besar di Amerika mendapat peringatan keamanan. Setelahnya, bom paling besar meledak di Moskow, Rusia dan dikabarkan menewaskan jutaan orang. Amerika pun melakukan evakuasi kepada Presiden dan percobaan komunikasi terhadap Korea Utara pun gagal. Dimana Korea Utara tengah bersiap untuk melakukan perang nuklir.


Itulah tadi 10 Skenario terjadinya Perang Dunia 3 yang pernah dibuat dalam video game. Beberapa dari skenario tersebut memang mungkin tidak terjadi karena memang murni dari imajinasi sang penulis cerita meskipun di beberapa skenario ada premis-premis yang menggunakan fakta-fakta di dunia nyata.

Dan tentunya Kita berharap bahwa skenario di atas atau bahkan skenario lain  yang lebih mengerikan terjadi di dunia nyata. Karena isu untuk Perang Dunia 3 itu sendiri kini sudah turun ketimbang awal tahun ini. Meskipun negara-negara besar di dunia kini tengah dalam status siaga atas serangan lanjutan, semoga tensi tersebut segera turun dan tidak ada kejadian penyerangan lain yang akan terjadi.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang listicle atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]