10 Skenario Terjadinya Perang Dunia 3 yang Pernah Dibuat dalam Video Game


Perang Dunia ke-3 memang menjadi skenario paling menakutkan yang kini tengah terjadi. Dengan banyaknya kejadian penyerangan antar negara yang terjadi tentunya dapat membawa dunia yang kini sudah damai ini kembali ke masa peperangan antar negara seperti yang sudah lama terjadi.

Tema perang Dunia ke-3 atau World War 3 (WW3) ini tentunya sudah menjadi salah satu tema yang paling banyak digali oleh para pembuat video game. Terutama untuk game-game bertema perang seperti Battlefield dan Call of Duty. Dan dengan segala imajinasi para penulis skenario video game ini juga mereka-reka bagaimana Perang Dunia ke-3 yang tentu sebenarnya kita tidak inginkan ini bisa terjadi.

Dan Gamebrott telah mengumpulkan 10 Skenario Terjadinya Perang Dunia 3 yang pernah dibuat ke dalam video game.


Homefront /  Homefront Revolution

 

Dalam Homefront Perang Dunia terjadi ketika Korea Utara berhasil mengembangkan persenjataan nuklir dan menggabungkan dua negara Korea menjadi Greater Korean Republic (GKR). Dari sinilah GKR bergerak untuk menjadi poros kekuatan anti-Amerika. Terlebih setelah pecahnya perang antara Iran dan Arab Saudi yang menyebabkan krisis minyak.

Akibatnya banyak negara termasuk Amerika Serikat menghadapi krisis finansial, ditambah dengan merebaknya wabah flu burung yang membunuh banyak korban di Amerika Serikat. GKR pun yang telah melebarkan kekuasaannya hingga Asia Tenggara kini berusaha menguasai Amerika Serikat.

Korea Utara berhasil menguasai sebagian Amerika

GKR sendiri berhasil menguasai separuh sisi barat Amerika Serikat yang akhirnya diganti menjadi “New Korean Federation of Occupied America”, sedangkan sisi Timur sendiri dihuni oleh kelompok perlawanan untuk merebut kembali Amerika Serikat.


Tom Clancy’s EndWar

 

Sebagai salah satu penulis yang memfokuskan dirinya pada perang, tentu sudah bisa ditebak bahwa Tom Clancy juga membuat skenario untuk Perang Dunia 3. Dan hal tersebut dituangkan dalam game EndWar. Dimana serangan nuklir dilakukan oleh teroris yang menyebabkan 6 juta nyawa hilang sekaligus melumpuhkan suplai minyak dari Timur Tengah yang menyebabkan krisis energi di seluruh dunia.

Krisis global ini akhirnya membuat negara-negara kaya di Eropa akhirnya bergabung untuk membentuk European Federation (EF), Inggris dan Irlandia memilih untuk tetap netral dan membentuk New Commonwealth, sedangkan negara-negara miskin di Eropa akhirnya dikuasai oleh Rusia yang pasca kejadian Timur Tengah kini menjadi pemasok minyak terbesar di dunia dan menjadi negara adidaya baru.

Pada akhirnya semua pasukan harus berhadapan di Paris

Dan tentunya Amerika Serikat yang juga ikut serta dalam perebutan negara-negara ini terhadap sumber daya minyak bumi lah yang menjadi penyebab utama dari mulainya Perang Dunia 3 dalam Endwar.


Battlefield: Bad Company 1-2

 

Banyak yang mengatakan bahwa Bad Company adalah seri terbaik dari Battlefield, karena di seri inilah DICE bisa mempertunjukkan kehebatan teknologi yang mereka dan EA miliki sekaligus mengangkat cerita tema Perang Dunia dari sudut yang berbeda dari biasanya. Ya, meskipun kamu dan pasukanmu ditugaskan untuk menghalau terjadinya perang dunia, kamu dan pasukanmu tidak takut untuk bercanda.

Seperti yang kami bilang di atas, tugasmu di Bad Company adalah untuk menghalau sebuah gerakan supremasi Rusia dengan nama Legionnaire Mercenaries yang juga merupakan pasukan paling berbahaya di dunia yang dibayar dengan emas batangan. Tim Bad Company pun akhirnya mencoba mengejar truk pengangkut emas batangan yang masuk ke negara netral (sedang tidak terjadi perang) guna mengejar The Legionnaire dan menghalu mereka berbuat onar lebih jauh.

Keselamatan perdamaian dunia ada di tangan 4 orang ini

Setelah berhasil mengejar pimpinan mereka – The Legionnaire, mereka pun mengalahkan dia, mengembalikan emas ke pemerintah Amerika. Namun sayangnya, Rusia secara diam-diam ikut menunggangi aksi penyerbuan Bad Company ini dan menemukan senjata era Perang Dunia 2 paling berbahaya bernama Black Weapon. Dan dari situlah Rusia berencana membuat senjata tersebut bekerja dan mulai menyerang Amerika Serikat lewat Alaska untuk memulai perang dunia.


Command & Conquer Red Alert 2

 

Penyebab Perang Dunia 3 tentunya memiliki banyak kemungkinan, namun game Command & Conquer Red Alert atau yang sering disebut C&C Red Alert 2 ini mengambil latar belakang yang mengarah ke fantasi, dimana game tersebut, tepatnya C&C Red Alert 2 yang mengambil latar di dunia alternatif dimana Hitler ditiadakan. Dan menyebabkan Rusia menjadi negara yang ingin menguasai Eropa, namun digagalkan oleh Negara-negara Allied.

Untuk menghalau Rusia untuk mengulangi rencananya untuk menguasai dunia kembali, mereka membuat Rusia sebagai negara boneka dengan pemimpin yang dipilih oleh Negara Allied. Namun ternyata pimpinan Rusia yang dipilih tersebut menuruti keinginan Negara Allied sambil diam-diam mengumpulkan kekuatan militer Rusia kembali.

Lengahnya Amerika terhadap Rusia membuat mereka dapat melakukan invasi besar-besaran

Ketika Amerika Serikat dan negara Allied lainnya lengah, Rusia langsung melaksanakan serangan tiba-tiba ke Amerika lewat 3 arah langsung yaitu pantai barat, pantai timur, dan dari selatan lewat Mexico dan memulai perang dunia ke-3.


Battlefield 3