[Walkthrough – Bahasa Indonesia] Resident Evil 2 Remake (Leon) #10 – Eksplorasi Sumur Bawah Tanah dan Misi Penyelamatan Ada Wong (Bagian 1)


145
145 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang christianwolf lakukan disini

SUMUR BAWAH TANAH RACOON CITY

Oke.. Kini Leon telah siuman dan tidak ada Ada Wong di sampingnya. Tujuan kalian sekarang adalah mencari Ada Wong yang menunggu diselamatkan di suatu tempat. Sebelum melanjutkan walkthrough ini, penulis ingin memberitahu bahwa petualangan kalian di dalam sumur akan sama seperti petualangan kalian di kantor polisi; level area yang didesain untuk membuat kalian bolak-balik dan tersesat. Kemudian kalian diharapkan selalu membawa minimal satu G+R+B Herb karena musuh yang akan kalian hadapi di depan memiliki racun yang mematikan. Untungnya, kalian akan menemukan beberapa Red Herb dan Blue Herb di sepanjang level ini.

Sekarang kalian langsung menuju ke arah kanan di mana kalian akan menemukan sebuah lift kecil. Naiklah ke lift tersebut untuk menuju ke lantai dua di mana kalian akan berada di Sewers Water Gate. Setelah mencapai lantai dua, terus saja berjalan ke depan hingga kalian menemukan Typewriter dan Storage Box. Save progress permainan kalianKalau sudah, ikuti jalan menuruni tangga dan lompat ke bawah menuju sumur yang bau. Coba kalian cek tumpukan sampah di sebelah kanan dekat sumber aliran air, maka kalian akan menemukan Handgun Ammo. Kemudian jalan ke depan dan meluncur ke bawah melalui perosotan air di mana kalian akan berada di Middle Waterway.

Nanti di depan sana akan ada pertigaan, di mana kalian belok saja ke kanan. Di depan kalian akan ada dua jalan bercabang; Pilh rute sebelah kiri lebih dulu, di mana kalian akan menemukan Shotgun Shells. Balik arah dan ambil rute sebelah kanan dan ikuti terus jalan ini hingga kalian akhirnya keluar dari sumur busuk tersebut. Di dekat mayat anggota militer elite, kalian akan menemukan U.S.S. Digital Video Cassette. Ambil dan lanjutkan perjalanan.

Belok ke kanan dan hadapi satu zombie yang berkeliaran. Sikat dia. Di lantai ini ada dua pintu yang terkunci bertuliskan Treatment Facility dan kalian belum bisa membukanya. Terus berjalan saja ke depan hingga kalian menemukan sebuah panel listrik dan Electrical Parts dengan pahatan bidak catur. Jangan diambil melainkan lewati saja sekering tersebut belum saatnya juga dibutuhkan. Beberapa zombie di sekitar sini akan bangun mengganggu proses perjalanan kalian. Gunakan saja shotgun untuk menghancurkan kepala mereka.

Lanjutkan proses perjalanan melewati jembatan besi di depan. Ruangan Treatment Facility lain pun bisa kalian temukan di sini. Kalian belok ke kanan menuruni tangga hingga di mana kalian akan menemukan PISAU di atas drum. Sekarang kalian berada di Lower Waterway. Turun kembali ke sumur dan belok ke kanan untuk meluncur ke bawah melalui perosotan air. Teruskan perjalanan melewati kantong-kantong sampah busuk itu. Di sebelah kiri kalian, di mana terdapat sebuah pintu besi yang belum bisa kalian buka, sebuah Blue Herb bisa ditemukan. Jika slot inventory kalian cukup, ambilah. Teruskan lagi perjalanan ke depan dan kalian akan menemukan Gunpowder di sebelah kiri.

MAKHLUK G-ADULT

Di lorong sumur ini kalau kalian perhatikan, sesuatu yang sedang mengambang di air. Kalau kalian lewati, maka kalian akan dikagetkan oleh suatu makhluk besar dari dalam air; G-Adult mereka menyebutnya. Kalau kalian memiliki PISAU, Hand Grenade, atau Flash Grenade, gunakan untuk melepaskan diri dari cengkramannya. Jika kalian tidak memiliki ketiganya, maka G-Adult akan menyemprotkan cairan racun yang dapat mengurangi darah setiap waktu (solusinya ya gunakan G+R+B Herb). Bagaimana cara melawannya? yaitu dengan menembak bagian mata berwarna kuning yang muncul di tubuhnya. Tetapi melawan makhluk tersebut akan memakan waktu dan peluru. Untuk sekarang, saran penulis hindari saja mereka sebisa mungkin. Loloskan diri kalian dan belok ke kiri untuk naik ke permukaan. Masuk ke pintu di mana kalian menemukan kereta listrik bawah tanah atau Cable Car.

CONTROL ROOM

Naiki tangga dan kalian sedang berada di Control Room. Di sini kalian dapat menemukan Shotgun Shells dan Copy of Emails to Umbrella HQ.  Karena tidak ada apa-apa lagi yang bisa dilakukan di sini (sebetulnya masih ada, tapi nanti), belok ke kanan dan turun melalui lubang lift menuju Monitor Room. Sebuah cutscene pendek akan memperlihatkan Leon menemukan posisi Ada Wong yang masih pingsan di dalam sebuah ruangan dengan banyak rongsokan. Begitu cutscene selesai, kalian bisa menemukan Sewers Map, Handgun Ammo, Sewer Company Pamphlet, Storage Box dan Typewriter di ruangan ini. Gunakan kaset yang kalian temukan di mayat tentara di sebuah mesin pemutar film untuk mengetahui isi rekaman. Jangan lupa untuk melakukan save permainan sebelum melanjutkan perjalanan. Masih di dalam ruangan ini, kamu bisa menyelamatkan Ada Wong apabila berhasil menyelesaikan sebuah puzzle. Aturan puzzle di ruangan ini adalah soal penempatan posisi sekering yang benar di dalam enam panel listrik. Itu artinya kalian harus temukan sekering dengan pahatan bidak catur terlebih dahulu sebelum memulai puzzle ini.

Ada..

There is nothing you can do right now.. Keluar dari Monitor Room dan aktifkan tuas di depan kalian dan sebuah jembatan pun akan turun. Lewati jembatan dan belok ke kiri di mana kalian akan menemukan Red Herb dan T-Bar Handle. Kalau sudah, balik arah dan lanjutkan perjalanan ke sisi kanan jembatan di mana kalian akan menemukan Blue Herb dan Safe Vault. Kode kombinasi untuk brangkas ini terletak di sisi kanan brangkas dengan coretan kapur. Zombie yang sedang tertidur bisa kalian bunuh atau lewati, terserah kalian.

BUKA SEMUA PINTU BESI DENGAN T-BAR HANDLE

Setelah kalian mendapatkan T-Bar, tujuan kalian untuk sementara adalah membuka pintu-pintu besi yang masih tertutup di sejumlah lokasi di level Sewers. Sekarang kalian masuk ke pintu di depan dan turun ke bawah melalui tangga. Di sini kalian sedang berada di area Lower Waterway. Sikat zombie-zombie yang menghalangi jalan kalian. Belok ke kiri dan buka pintu besi menggunakan T-Bar. Kemudian telusuri area ini di mana kalian akan menemukan Treatment Facility Keys yang tergantung di papan tembok. Kalau sudah balik arah dan lanjutkan perjalanan ke tempat di mana kalian datang barusan. Pergi menuju Lower Waterway timur dan buka gerbang besi di depan kalian. Begitu turun ke sumur belok ke kiri untuk mengambil Hand Greade. Lanjukan perjalanan menuju Workroom Lift (cek peta). Hati-hati dengan makhluk G-Adult yang melompat dari lubang sebelah kananKemungkinan kalian bisa menghindari makhluk tersebut penulis kira 50:50 berdasarkan pengalaman penulis. Good luck..

Jika berhasil membunuh atau melewati makhluk jelek tersebut, naik ke permukaan di mana kalian berada di Workroom Lift. Buka pintu besi dan belok kanan menuju lift. Naik ke atas dan sekarang kalian berada di Upper Waterway, tepatnya di dalam ruangan Workroom. Bunuh zombie yang pura-pura mati depan kalianDi ruangan ini kalian bisa menemukan Handgun Ammo, Hip Pouch, dan Roll Film. Buka kunci ruangan dan tujuan kalian selanjutnya adalah kembali ke Middle Waterway dengan melewati Workers Break Room (cek peta) dan terus berjalan menuruni tangga hingga kembali ke sumur di mana kalian datang pertama kali ke sini.

Tetapi sebelum melanjutkan perjalanan, kalian buka dulu pintu Water Injection Chamber dan Worker’s Break Room(cek peta) menggunakan Treatment Facility Keys. Di kedua ruangan tersebut terdapat beberapa item berguna. Kalau sudah, keluar ruangan. Begitu kalian sampai sampai dipertengahan sumur Upper Waterway, sejumlah zombie yang muncul dari dalam air. Sikat habis atau hindari mereka terserah kalian. Lanjutkan perjalanan sepanjang sumur hingga sampai pada ujung jalan yang tertutup besi. Naik ke permukaan di sebelah kiri dan buka pintu besi menggunakan T-Bar. Ikuti jalan menuruni melalui tangga di mana kalian akan kembali ke rute saat pertama kali menemukan kunci Treatment Facility Keys. Semua pintu besi sudah terbuka dan sekarang.. tujuan kalian selanjutnya mencari kepingan sekering bidak catur untuk memecahkan puzzle pintu besi dan menyelamatkan Ada Wong. Saran penulis kembalilah dulu ke Control Room untuk mengatur barang bawaan kalian dan save progres permainan.

Part: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14


Like it? Share with your friends!

145
145 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
christianwolf

Grand Master

A person who loves Jazz.

0 Comments