[Walkthrough – Bahasa Indonesia] Resident Evil 2 Remake (Leon) #12 – Misi Penyelamatan Ada Wong dan Bos William Birkin Fase Kedua (Bagian 3)


146
146 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang christianwolf lakukan disini

CATATAN : Right nowyou guys already have three Electronic Parts which those are needed to solve our final puzzle in Monitor Room. Tetapi ingat di panduan sebelumnya, bahwa penulis meninggalkan catatan soal kembali ke kantor polisi untuk mencuci Roll Film di Darkroom? Singkatnya, kalian akan menemukan dua item berbeda di dua tempat yang berbeda pula (masih di dalam kantor polisi). Pertama, kalian akan menemukan Amunisi Gas untuk Flamethrower di dalam Press Room (cek peta). Kedua, kalian akan menemukan Upgrade Parts untuk pistol Lightning Hawk di ruangan S.T.A.R.S. Ambilah kedua item tersebut jika belum kalian ambil.

KEMBALI KE MONITOR ROOM

Burn them like hell..

Sekarang penulis asumsikan kalian sudah cukup familiar dengan rute untuk kembali ke Monitor Room. Sesampainya di ruangan ini, kalian langsung pergi ke ruangan sebelah kiri di mana kalian akan menemukan enam panel listrik berhadapan satu sama lain. Di masing-masing panel kalian bisa menemukan ada dua sekering yang sudah lebih dulu terpasang, sekering bidak Kuda dan Pion. Coba kalian ke papan tulis, di sana akan muncul catatan yang berisi petunjuk menyesaikan teka-teki terakhir di ruangan ini. Jika kalian kesulitan memahaminya, maka makna catatan petunjuk teka-teki tersebut adalah.

Pertama, pasang sekering catur Raja bersebelahan dengan sekering catur Ratu di sisi panel listrik kanan Dengan urutan Raja, Ratu, dan Pion (tidak pindah dari tempatnya). Kedua, urutan sekering catur di sebelah kanan berarti Kuda (tidak pindah dari tempatnya), Benteng, dan Gajah.

Voila… Pintu besi pun akan terbuka dan kalian berada di satu langkah terakhir sebelum benar-benar dapat mengeluarkan Ada Wong dari ruangan rongsokan tersebut. Saran penulis save progres permainan kalian dan bawalah item wajib berikut :Lightning Hawk, Flamethrower, dan Flash Grenade atau Hand Grenade. Masuklah ke lorong dan ambilah Green Herb dan Blue Herb di sekitar wilayah sini. Tuas untuk membuka pintu gerbang belum bisa dibuka (kalau tidak percaya silahkan coba sendiri) karena aliran listrik ke ruangan tersebut masih padam, di mana kalian harus menuju ke ruangan sebelah untuk mengakses panel pembangkit listrik. Di dalam ruangan ini kalian akan menemukan Red Herb, ambilah. Dekati panel listrik di depan kalian dan naikkan sakelar pertama, kedua, dan keempat. Aliran listrik pun akan mengalir ke ruangan dan pintu gerbang di mana Ada Wong terperangkap kini sudah bisa dibuka.

MELAWAN BOS WILLIAM BIRKIN FASE KEDUA

Namun kalian akan dikagetkan dengan kehadiran William Birkin yang tenyata belum benar-benar mati (sial namun tidak mengherankan). Kalian akan terkunci di ruangan ini untuk beberapa saat. William Birkin akan mengganggu kalian melalui atap-atap ruangan yang dihancurkannya. Hindari tangan besar Birkin yang muncul tiba-tiba dengan berlari-lari mengelilingi ruangan. Nanti beberapa saat kemudian, William akan mendobrak masuk dari rolling door di depan kalian. Di sanalah jalan keluar kalian. Kali ini kalian akan diperlihatkan bentuk mutasi William Birkin yang agak berbeda.

Begitu ia masuk, hindari serangannya dan jangan lawan dia dari ruangan ini karena akan percuma, melainkan kabur keluar dan ikuti saja jalan sempit di depan sampai kalian diharuskan turun ke sebuah area yang terdapat mesin crane dan kontainer besar di sana.

Cara efektif dan efisien mengalahkan William Birkin adalah dengan menggunakan crane untuk menabrakan kontainer ke tubuhnya hingga jatuh ke jurang. Di area ini kalian juga dapat menemukan sejumlah peluru, ambilah.

Pertama-tama, aktifkan crane agar kontainer bergerak menjauh dari area pertempuran (untuk mengambil momentum hantaman). Ingat rumus fisika force = mass * acceleration? That is how it‘s work. Kedua, hindari serangan William Birkin sambil terus menembak mata besar di bahunya dan mata kecil yang berada di punggungnya menggunakan Lightning Hawk dan Matilda. Nanti William Birkin akan tersungkur dan di sanalah kesempatan kalian untuk mengalahkannya. Cobalah untuk membuat Birkin tersungkur tepat di tengah-tengah area pertempuran, kemudian cepat tekan tombol crane untuk menghantamnya dengan container besar.

Tetapi perlu diingat bahwa proses ayunan crane membutuhkan waktu dan Birkin tidak akan tersungkur lama. Itu artinya langsung tekan tombol dengan crane dengan cepat. Gunakan Flamethrower dan Shotgun untuk menambahkan ekstra damage. Kemudian, kalian tidak akan langsung bisa mengalahkannya dengan sekali hantaman kontainer. Butuh beberapa kali hantaman untuk dapat benar-benar menjatuhkan dia ke jurang.

Dasar kameramen amatiran!

Setelah berhasil mengatasi Birkin, well done…  My friend. Rute baru akan terbuka, jalan lewat sana untuk menuju pintu keluar. Pintu ini akan membawa kalian kembali ke dekat ruang rongsokan di mana Ada Wong berada. Buka gerbang rongsokan dan kalian akan diperlihatkan cutscene pendek di mana Leon membantu Ada Wong keluar dengan pincang karena tertancap besi. Setelah itu ikuti Ada Wong berjalan melalui Monitor Room. Jangan lupa untuk save progres permainan kalian. Lanjutkan perjalanan menuju Cable Car di mana petualangan Leon selanjutnya adalah menuju area yang disebut NEST, yaitu sebuah laboratorium rahasia yang dibangun di bawah kaki masyarakat Racoon City selama ini.

Part: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14


Like it? Share with your friends!

146
146 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
christianwolf

Grand Master

A person who loves Jazz.

0 Comments